Wawasan

Angkor Wat: Kekayaan Sejarah Kamboja

14
×

Angkor Wat: Kekayaan Sejarah Kamboja

Share this article
source : pixabay.com

Aptoodet.com – Angkor Wat adalah salah satu situs sejarah terbesar di dunia dan menjadi simbol kebanggaan bagi rakyat Kamboja. Terletak di Provinsi Siem Reap, Angkor Wat adalah kuil Hindu terbesar di dunia dan merupakan bagian dari kompleks kuil Angkor yang lebih besar.

Konstruksi Angkor Wat dimulai pada abad ke-12 oleh Raja Khmer Suryavarman II dan diperkirakan memakan waktu sekitar 30 tahun untuk diselesaikan. Kuil ini awalnya didedikasikan untuk dewa Wisnu, tetapi kemudian diubah menjadi kuil Buddha pada abad ke-14.

Angkor Wat terkenal karena keindahan arsitekturnya yang sangat rumit dan detail. Kuil ini terdiri dari lima menara di tengah-tengah yang dikelilingi oleh taman-taman dan kolam-kolam. Bangunan ini juga dihiasi dengan relief yang indah dan ukiran yang menakjubkan, yang menggambarkan adegan dari kisah-kisah Hindu dan Buddha.

Selain keindahan arsitekturnya, Angkor Wat juga menunjukkan kemajuan teknologi dan kecerdasan manusia pada masa itu. Bangunan ini dibangun dengan menggunakan batu pasir merah yang dipotong dan dipasang dengan sangat rapi tanpa adanya bahan perekat. Kuil ini juga memiliki sistem drainase yang canggih, yang memungkinkan air mengalir dengan lancar dari kolam-kolam dan kanal-kanal.

Namun, seperti banyak situs sejarah di dunia, Angkor Wat mengalami masa kehancuran dan pengabaian pada abad ke-15 setelah Kerajaan Khmer runtuh. Kuil ini ditinggalkan selama beberapa ratus tahun, hingga ditemukan kembali pada abad ke-19 oleh seorang penjelajah Prancis, Henri Mouhot.

Hari ini, Angkor Wat menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di dunia, dengan ribuan pengunjung yang datang setiap tahun untuk melihat keindahan dan sejarahnya. Situs ini juga menjadi situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu landmark terkenal di Kamboja.

Dalam kesimpulannya, Angkor Wat bukan hanya sebuah bangunan megah dan indah, tetapi juga merupakan simbol kebanggaan bagi rakyat Kamboja dan dunia. Situs ini menunjukkan kemajuan teknologi dan kecerdasan manusia pada masa itu, serta mengingatkan kita akan kekuasaan dan kejayaan Kerajaan Khmer yang pernah berdiri di wilayah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *