Wawasan

Apa Itu Komet ? dan Bagaimana Terbentuknya

15
×

Apa Itu Komet ? dan Bagaimana Terbentuknya

Share this article

Aptoodet.com – Komet adalah objek langit yang terdiri dari bahan es, gas, dan debu yang terjebak dalam orbit elips mengelilingi Matahari. Komet biasanya memiliki orbit yang sangat panjang dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kembali ke Matahari.

Komet terbentuk dari sisa-sisa gas dan debu yang tersisa setelah terbentuknya tata surya. Materi ini terkumpul di sekitar Matahari dalam sebuah disk protoplanet dan secara bertahap bergabung membentuk planet. 

Namun, beberapa sisa-sisa materi tidak cukup besar untuk terakumulasi menjadi planet dan akhirnya berkumpul membentuk benda-benda kecil seperti asteroid dan komet.

Komet terbentuk di daerah dingin dan jauh dari Matahari yang disebut sabuk Kuiper dan awan Oort. Ketika gaya gravitasi objek lain di tata surya mengganggu orbit komet, mereka dapat bergerak ke arah dalam menuju Matahari dan menjadi objek yang teramati dengan mata telanjang.

Komet yang memasuki daerah Matahari mengalami pemanasan dari radiasi Matahari dan memuntahkan bahan-bahan gas dan debu yang membentuk komet yang indah dan spektakuler yang bisa kita lihat dari Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *