Tekno

Apa Itu Nintendo Dan Bagaimana Sejarah Awal Mulanya ?

58
×

Apa Itu Nintendo Dan Bagaimana Sejarah Awal Mulanya ?

Share this article

Aptoodet.com – Nintendo adalah salah satu perusahaan permainan video terkemuka di dunia, yang telah membawa kegembiraan kepada jutaan orang selama beberapa dekade. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara rinci apa itu Nintendo, sejarahnya, dan beberapa produk terkenal yang telah mereka hasilkan.

Sejarah Nintendo

Nintendo didirikan pada tahun 1889 di Kyoto, Jepang, oleh Fusajiro Yamauchi. Pada awalnya, perusahaan ini berfokus pada produksi kartu bermain tradisional yang sangat populer di Jepang pada masa itu. 

Namun, seiring berjalannya waktu, Nintendo mulai beralih ke berbagai bisnis lainnya, termasuk hotel, taxi, dan bahkan perusahaan makanan ringan.

Pada tahun 1970-an, Nintendo memasuki dunia permainan video dengan merilis konsol permainan pertama mereka, yaitu Color TV-Game. Meskipun tidak terlalu sukses secara internasional, hal ini menandai awal dari perjalanan Nintendo di industri permainan video.

Nintendo dan Konsol-Konsolnya

Nintendo dikenal luas karena konsol-konsolnya yang inovatif dan permainan yang menghibur. Beberapa konsol paling ikonik yang mereka hasilkan termasuk:

1. Nintendo Entertainment System (NES)

Dirilis pada tahun 1985, NES menjadi konsol yang sangat populer dan memperkenalkan kita pada karakter ikonik seperti Mario dan Link dari The Legend of Zelda.

2. Super Nintendo Entertainment System (SNES)

SNES, dirilis pada tahun 1990, merupakan salah satu konsol terbaik dalam sejarah permainan video dan memberikan pengalaman bermain yang luar biasa.

3. Nintendo 64

Konsol ini, diluncurkan pada tahun 1996, mengenalkan kita pada permainan 3D seperti Super Mario 64 dan The Legend of Zelda: Ocarina of Time.

4. Nintendo Switch

Konsol terbaru mereka, Nintendo Switch, adalah konsol hybrid yang dapat digunakan sebagai konsol rumah atau perangkat genggam, dan telah meraih popularitas besar sejak dirilis pada tahun 2017.

Permainan Nintendo yang Terkenal

Selain konsolnya, Nintendo juga terkenal karena permainan-permainan klasik yang mereka produksi. Beberapa di antaranya termasuk:

1. Super Mario series

Mario adalah salah satu karakter paling ikonik dalam sejarah permainan video. Seri Super Mario menyajikan petualangan menghibur dengan banyak sekuel yang menjadi favorit pemain di seluruh dunia.

2. The Legend of Zelda series

Permainan ini mengikuti petualangan Link dalam mencari Princess Zelda. Dikenal dengan cerita yang mendalam dan puzel-puzel yang menantang, seri ini telah memenangkan hati banyak penggemar.

3. Pokémon series

Pokémon adalah fenomena global dengan permainan, kartu, dan seri animasi yang sukses. Para pemain berperan sebagai pelatih Pokémon yang mencari dan melatih makhluk-makhluk yang kuat.

Kesimpulan

Nintendo adalah perusahaan permainan video yang telah memainkan peran besar dalam sejarah industri ini. Dengan sejarah yang panjang dan portofolio permainan yang kaya, Nintendo terus menghibur dan menginspirasi generasi setelah generasi. 

Dari kartu bermain tradisional hingga konsol modern seperti Nintendo Switch, perusahaan ini telah mengalami perubahan besar, tetapi tetap setia pada nilai-nilai inti yang membuat mereka menjadi salah satu pemimpin dalam industri permainan video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *