TeknoWawasan

Apa Itu WWW (World Wide Web) ? dan Bagaimana Cara Kerjanya

17
×

Apa Itu WWW (World Wide Web) ? dan Bagaimana Cara Kerjanya

Share this article

Aptoodet.com – World Wide Web (WWW) adalah salah satu inovasi terbesar dalam sejarah teknologi informasi yang memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk mengakses informasi dan berkomunikasi dengan mudah melalui internet. Sejak ditemukannya oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989, WWW telah mengubah cara orang berinteraksi dengan informasi dan dengan satu sama lain.

Pertama-tama, mari kita lihat bagaimana WWW bekerja. WWW terdiri dari kumpulan halaman web atau dokumen yang disimpan di server di seluruh dunia. Halaman web ini terhubung satu sama lain melalui tautan hiperteks atau hyperlink, yang memungkinkan pengguna untuk beralih dari satu halaman ke halaman lainnya dengan mudah. 

Setiap halaman web memiliki alamat yang disebut URL (Uniform Resource Locator), yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan mengakses halaman tersebut melalui web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan lain-lain.

Saat pengguna mengakses halaman web, web browser mengirimkan permintaan ke server yang menyimpan halaman tersebut, dan server mengirimkan kembali halaman web ke web browser pengguna. 

Halaman web biasanya terdiri dari teks, gambar, video, dan elemen lainnya, yang semuanya disusun dalam bahasa HTML (Hypertext Markup Language). Web browser menguraikan bahasa HTML untuk menampilkan halaman web secara visual untuk pengguna.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari WWW adalah kemampuannya untuk menghubungkan informasi. Dengan tautan hiperteks, pengguna dapat beralih dari satu halaman ke halaman lainnya, bahkan jika halaman-halaman tersebut terletak di server yang berbeda dan di tempat yang berbeda di seluruh dunia.

Ini memungkinkan pengguna untuk menavigasi melalui jaringan informasi yang kompleks dan menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

Selain itu, WWW juga memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah melalui internet. Halaman web dapat berisi formulir yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi dan mengirimkannya ke server untuk diproses lebih lanjut. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi online, seperti membeli produk atau mendaftar untuk layanan, tanpa harus bertemu secara langsung dengan penjual atau penyedia layanan.

Terakhir, WWW juga telah memungkinkan organisasi dan perusahaan untuk memiliki kehadiran online yang kuat. Dengan membuat halaman web, perusahaan dapat menjangkau klien dan pelanggan mereka di seluruh dunia dan memberikan informasi tentang produk dan layanan mereka. 

Halaman web juga memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan klien dan pelanggan mereka melalui email atau formulir kontak yang disediakan di halaman web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *