TeknoTips dan Trik

Cara Jual NFT di OpenSea Gratis: Panduan Lengkap Step By Step

30
×

Cara Jual NFT di OpenSea Gratis: Panduan Lengkap Step By Step

Share this article

Aptoodet.com – Dunia digital terus berkembang dan membawa konsep-konsep baru yang menarik. Salah satu konsep yang sedang populer adalah NFT atau Non-Fungible Token. NFT memungkinkan Anda untuk memiliki kepemilikan atas item digital tertentu, seperti seni, musik, dan barang virtual lainnya. 

Jika Anda ingin menjual NFT, salah satu platform terkemuka yang dapat Anda pertimbangkan adalah OpenSea. Baiklah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara jual NFT di OpenSea secara gratis.

1. Membuat Akun OpenSea

Langkah pertama adalah membuat akun di platform OpenSea. Kunjungi situs webnya di https://opensea.io dan klik tombol “Sign Up”. Isilah detail data diri yang diperlukan untuk registrasi. Pastikan Anda menggunakan informasi yang akurat untuk memudahkan anda kedepannya jika terjadi transaksi.

2. Menghubungkan Dompet Kripto

Sebelum Anda dapat mulai menjual NFT, Anda perlu menghubungkan dompet kripto anda ke akun OpenSea. Platform ini mendukung beberapa dompet kripto seperti MetaMask, Coinbase, Wallet Connect dan beberapa lainnya.

Jika anda menggunkan Metamask maka SIlahkan instal ekstensi MetaMask di browser anda dan ikuti petunjuk untuk mengonfigurasi dan menghubungkannya dengan akun OpenSea yang telah dibuat.

3. Mempersiapkan NFT

Sebelum mengunggah NFT, pastikan Anda telah mempersiapkannya. Anda perlu memiliki file gambar atau media yang akan dijadikan NFT. Saat ini sudah banyak platform aplikasi desain digital yang memiliki fokus tentang cara membuat nft gratis dan mudah bahkan ada juga yang menggunakan AI jadi anda hanya perlu memikirkan NFT apa yang dapat menarik pembeli.

Pastikan pula bahwa karya tersebut adalah milik anda bukan merupakan karya orang lain dan penting juga untuk memastikan bahwa kepemilikan hak cipta karya NFT tersebut adalah anda sepenuhnya sehingga anda memiliki hak dan leluasa untuk menjualnya.

4. Membuat NFT di OpenSea

Langkah selanjutnya adalah membuat NFT di platform OpenSea. Masuk ke akun Anda dan klik tombol “Create” di pojok kanan atas halaman. Pilih opsi “Single” jika Anda ingin menjual satu item, atau “Bundle” jika Anda ingin menjual beberapa item sebagai paket.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengunggah file media, memberi judul, dan deskripsi pada NFT Anda.

5. Menentukan Detail dan Harga

Setelah mengunggah NFT, Anda perlu menentukan detail seperti judul, deskripsi, dan atribut yang relevan. Berikan deskripsi yang menarik dan jelas tentang NFT Anda.

Selanjutnya, tentukan harga untuk NFT Anda. Harga dapat ditentukan dalam mata uang kripto tertentu, seperti Ether (ETH), Poligon dll.

6. Mengatur Royalti

OpenSea memungkinkan Anda untuk mengatur royalti, yaita persentase dari setiap penjualan ulang NFT yang akan Anda terima. Ini adalah cara bagus untuk tetap mendapatkan keuntungan jika NFT Anda dijual lagi oleh pembeli pertama.

7. Publikasikan NFT Anda

Setelah semua detail diatur, Anda siap untuk mempublikasikan NFT Anda. Tinjau kembali semua informasi yang telah Anda masukkan, dan pastikan semuanya akurat. Klik tombol “List Item” atau “Create” (tergantung pada jenis NFT yang Anda buat) untuk menerbitkan NFT Anda di OpenSea.

8. Mengelola Koleksi Anda

OpenSea memberikan berbagai alat untuk mengelola koleksi NFT Anda. Anda dapat mengedit detail NFT, menambahkan atau mengubah atribut, atau bahkan menarik NFT dari penjualan jika diperlukan.

9. Berpartisipasi dalam Pasar dan Komunitas

OpenSea memiliki pasar yang ramai dan komunitas yang aktif. Berpartisipasilah dalam diskusi, pertunjukan seni, dan acara-acara yang diadakan oleh platform ini. Ini dapat membantu meningkatkan visibilitas NFT Anda dan menarik minat pembeli potensial.

10. Tetap Patuhi Aturan

Selama menjual NFT di OpenSea, pastikan Anda tetap mematuhi aturan platform. Jangan mengunggah konten yang melanggar hak cipta atau melanggar pedoman komunitas. Kepatuhan terhadap aturan akan membantu menjaga reputasi Anda sebagai penjual yang andal.

Kesimpulan

Dengan platform OpenSea, menjual NFT secara gratis menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memanfaatkan tren NFT dan menghasilkan pendapatan dari karya digital Anda.

Ingatlah untuk tetap kreatif, berpartisipasi dalam komunitas untuk meningkatkan kemampuan Anda tentang cara membuat gambar nft dan menjaga etika berbisnis dalam menjual NFT Anda di OpenSea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *