TeknoTips dan Trik

5 Cara Mengetahui Kode Warna HTML pada Website dan Blog

18
×

5 Cara Mengetahui Kode Warna HTML pada Website dan Blog

Share this article

Aptoodet.com – Warna adalah elemen penting dalam desain website dan blog. Pemilihan warna yang tepat dapat membuat website atau blog Anda terlihat menarik dan profesional. Kode warna HTML adalah cara untuk mengetahui kode warna yang akan digunakan pada website atau blog Anda. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengetahui kode warna HTML pada website dan blog dengan mudah.

1. Gunakan Alat Bantu

Ada banyak alat bantu yang dapat digunakan untuk mengetahui kode warna HTML. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Alat Pengecekan Warna (Image Color Picker) : Alat ini memungkinkan Anda untuk mengetahui Kode warna HTML dengan hanya memilih warna pada gambar atau halaman web tersebut. 

    Setelah memasukkan Web atau gambar yang ingin diketahui warnaya maka, selanjutnya tinggal menentukan warna yang ingin diketahui kode HTML nya, misalnya kode warna putih atau biru, maka silahkan pergi ke bagian yang berwarna putih atau biru pada gambar dan  klik pada bagian tersebut. 

    Maka akan keluar kode warna yang bisa anda gunakan, seperti gambar di atas.

     

  2. Palet Warna (Color Palette) : Palet warna adalah alat yang menampilkan berbagai pilihan warna dan kode warna HTML yang terkait. Contoh palet warna yang populer adalah Color Hunt.

    Colorhunt memberikan banyak pilihan warna yang tersedia, anda hanya perlu meletakkan cursor pada warna pilihan yang anda sukai, maka kode warna akan otomatis muncul dan anda bisa menggunakannya.

2. Gunakan Kode Warna HTML yang Umum

Ada beberapa kode warna HTML yang sangat umum dan sering digunakan. Anda dapat menggunakannya tanpa harus mencari kode warna HTML yang tepat. Beberapa contohnya adalah:

Hitam : #000000

Putih : #FFFFFF

Merah : #FF0000

Hijau : #00FF00

Biru : #0000FF

Kuning : #FFFF00

3. Gunakan Formula Kode Warna RGB atau HEX

Formula warna RGB dan HEX adalah dua cara untuk menentukan kode warna HTML. Warna RGB menggunakan kombinasi nilai merah, hijau, dan biru dalam rentang 0 hingga 255 untuk menentukan warna. Contohnya, warna merah murni dapat ditentukan dengan nilai RGB (255, 0, 0). Sedangkan kode warna HEX adalah representasi bilangan heksadesimal dari warna. Contohnya, warna merah murni dalam kode warna HEX adalah #FF0000.

4. Gunakan Alat Bantu Pencocok Warna

Ada juga alat bantu pencocok warna yang dapat membantu Anda menentukan kode warna HTML yang tepat untuk warna tertentu. Beberapa contoh alat bantu pencocok warna yang populer adalah Color Blender dan Color Hexa.

5. Coba-Coba dan Uji

Terakhir, cobalah berbagai kombinasi warna dan kode warna HTML pada website atau blog Anda. Uji tampilan website atau blog Anda dengan berbagai perangkat dan browser untuk memastikan bahwa warna yang digunakan terlihat sama pada semua perangkat dan browser.

Dengan menggunakan alat bantu, kode warna HTML yang umum, formula warna RGB atau HEX, alat bantu pencocok warna, dan melakukan uji coba, Anda dapat dengan mudah mengetahui kode warna HTML yang tepat untuk website atau blog Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menentukan kode warna HTML pada website atau blog Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *