TeknoTips dan Trik

Begini Cara Share Lokasi Whatsapp Dengan Mudah

25
×

Begini Cara Share Lokasi Whatsapp Dengan Mudah

Share this article

Aptoodet.com – Mungkin kalian pernah bingung gimana cara kirim share lokasi lewat whatsapp ke teman-teman maupun keluarga. Biasanya orang pada buka Google Maps dulu buat bagi-bagi lokasi. Tapi ternyata gampang banget, kita bisa pakai fitur “share location” yang udah disediain sama WhatsApp.

Sebagaimana kita tahu WhatsApp udah nambahin fitur fitur “share location” atau berbagi lokasi ke sesama pengguna WhatsApp lainnya. Ini jadi solusi buat para pengguna WhatsApp yang suka ribet kalo mau bagi-bagi lokasi ke kontak lainnya.

Nah, terus gimana sih cara berbagi lokasi di aplikasi WhatsApp ini? Ada dua cara, nih, yuk simak!

Cara Share Lokasi di WhatsApp Dengan Mudah

Jika kalian belum menemukan fitur “share location” atau belum ada di ponsel kalian, maka dianjurkan untuk menupdate aplikasi whatsapp terlebih dahulu di google play ataupun app store terlebih dahulu ke versi terbaru. Terus gimana caranya share lokasi ke teman, atau saudara di WhatsApp? Baiklah sebelumnya, kita cari tahu dulu dua perbedaan ini, ya.

1. Send Your Current Location

Ini artinya kita membagi lokasi kita yang sekarang, jadi kalo kita bagi ke orang lain, lokasinya tetap sama meskipun kita pindah tempat. Jadi harus ngulang lagi kalo mau tunjukin posisi kita yang terbaru.

2. Share Live location

Nah, bedanya dengan “send your current location,” “share live location” ini memberikan lokasi kita secara real time atau posisi yang paling up to date. Kita juga bisa bilang fitur ini kayak pelacak, karena dia bakal kasih tahu lokasi kita yang terbaru terus menerus kalo ada perubahan tempat.

Kita bisa atur durasi “share live location” selama 15 menit, 1 jam, atau 8 jam. Nah, berikut tutorialnya buat share atau berbagi lokasi di WhatsApp pake fitur “share location” dengan mudah.

Pertama, buka aplikasi WhatsApp kalian. Terus, buka chat sama temen atau grup yang mau kalian bagi lokasinya. Nah, abis itu, pilih ikon attach yang ada di bawah, terus pilih “Lokasi.”

Kalo GPS belom aktif, aktifin dulu ya. Abis itu bakal muncul notifikasi dan klik “Lanjutkan.” Nah, terus pilih lokasi terkini kalian. Kalian bisa milih opsi “Berbagi Lokasi Terkini” atau pilih lokasi di maps.

Kalian juga bisa nambahin keterangan biar lokasinya lebih jelas, misalnya “Depan lobi hotel” atau “Samping Warung makan.”

Kedua, cara share live lokasi di whatsapp, untuk memulai langkah yang dilakukan sama dengan sebelumnya hanya saja kalian perlu memilih opsi “share live location”, setelah milih lokasi yang mau kalian bagi di WhatsApp, pilih durasi berbagi lokasi secara live, misalnya kalian pilih durasi 1 jam. Terus, kirim. Hasilnya, temen kalian bakal dapet petunjuk di maps buat nyampe ke lokasi kalian.

Kalian bisa berhenti berbagi lokasi kapan aja dengan menekan tombol “Berhenti Berbagi”. Gampang banget, kan, buat berbagi lokasi lewat aplikasi WhatsApp? Menurut admin, dari dua cara di atas, cara yang kedua lebih mudah dan efektif.

Jadi, itu dia cara membuat share lokasi di whatsapp dengan mudah. Semoga dengan baca artikel ini, kalian jadi paham gimana caranya berbagi lokasi di WhatsApp dengan mudah dan tanpa ribet. Yuk, coba langsung praktekkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *