Wawasan

Inilah 5 Fase Sejarah Terbentuknya Negara Republik Turki

40
×

Inilah 5 Fase Sejarah Terbentuknya Negara Republik Turki

Share this article

Aptoodet.com – Turki adalah negara yang berada di kawasan Asia dan Eropa, dan memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Negara ini memiliki peran penting dalam sejarah dan budaya dunia, dan merupakan rumah bagi banyak peradaban yang berpengaruh. Berikut adalah beberapa fase penting dalam sejarah negara Turki.

1. Kekaisaran Bizantium

Sejarah Turki dimulai pada abad ke-11 dengan pendirian Kekaisaran Bizantium yang berpusat di Istanbul. Bizantium adalah salah satu kekaisaran terbesar dan terkuat pada saat itu, dan memiliki pengaruh besar terhadap sejarah, budaya, dan agama Eropa.

2. Negara Ottoman

Pada tahun 1299, negara Turki Ottoman dibentuk dan berkembang menjadi salah satu kekaisaran terkuat di dunia hingga abad ke-16. Kekaisaran Ottoman memperluas wilayahnya melalui serangkaian perang, dan memimpin wilayah yang meliputi sebagian besar Timur Tengah, Eropa Timur, dan Afrika Utara.

3. Runtuhnya Kekaisaran Ottoman

Pada tahun 1918, Kekaisaran Ottoman runtuh setelah Perang Dunia I dan digantikan oleh Republik Turkey yang dideklarasikan pada tahun 1923. Pada saat ini, banyak wilayah yang dulunya dimiliki oleh Kekaisaran Ottoman berpisah dan menjadi negara-negara baru.

4. Republik Turki

Setelah Kekaisaran Ottoman runtuh, Republik Turkey memperkenalkan banyak reformasi dan memodernisasi negaranya, termasuk pembatalan sistem hukum islam dan penciptaan sistem pendidikan baru, Namun, negara ini juga mengalami beberapa masalah politik dan sosial seperti pemerintahan otoriter dan pemberontakan.

5. Demokrasi

Pada tahun 1980-an, Demokrasi mulai diterapkan kembali dan negara ini terus berkembang sebagai salah satu negara utama di kawasan Timur Tengah dan Eropa. Saat ini, Turki memainkan peran penting dalam isu-isu global seperti perdamaian dan keamanan. 

Sejarah Negara Turki adalah cerminan perkembangan dan transformasi yang menakjubkan dari sebuah negara yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *