FinanceWawasan

Inilah Awal Mula Jual-Beli Saham dan Latar Belakangnya

19
×

Inilah Awal Mula Jual-Beli Saham dan Latar Belakangnya

Share this article

Aptoodet.com – Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Sejarah membeli saham berasal dari era industri revolusi di Eropa dan Amerika Serikat pada abad ke-18 dan ke-19. Saat itu, perusahaan-perusahaan mulai tumbuh dan membutuhkan dana untuk ekspansi. Mereka memutuskan untuk menjual saham kepada masyarakat untuk memperoleh dana.

Sebagai contoh, Bank Inggris pertama kali menerbitkan saham pada tahun 1720. Ini membuka jalan bagi perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama, dan pada akhir abad ke-19, banyak perusahaan besar di Amerika Serikat dan Eropa sudah menerbitkan saham.

Pada awalnya, hanya orang kaya yang bisa membeli saham, tetapi dengan berjalannya waktu, saham menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. Pada tahun 1934, Pemerintah Amerika Serikat melalui Undang-Undang Tindakan Pasar Modal memperkenalkan regulasi yang membuat pasar saham lebih transparan dan mudah diakses oleh publik.

Sejak saat itu, membeli saham menjadi lebih mudah dan lebih populer, dan saat ini, saham dapat dibeli melalui perusahaan sekuritas atau bank. Ini memungkinkan orang membeli saham perusahaan dan berinvestasi dalam ekonomi dan pertumbuhan perusahaan.

Secara keseluruhan, sejarah membeli saham adalah sejarah evolusi pasar modal dan bagaimana orang dapat berinvestasi dan berpartisipasi dalam ekonomi. Saat ini, membeli saham menjadi salah satu cara populer untuk berinvestasi dan membangun kekayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *