Wawasan

Inilah Penyebab Terjadinya Perang Dunia II

17
×

Inilah Penyebab Terjadinya Perang Dunia II

Share this article

Aptoodet.com – Perang Dunia 2 adalah perang global yang terjadi antara tahun 1939 dan 1945. Perang ini dimulai setelah Jerman, yang dipimpin oleh Nazi dan Führer-nya, Adolf Hitler, menaklukkan beberapa negara Eropa dan mencoba untuk menguasai dunia. 

Negara-negara seperti Inggris, Perancis, dan Uni Soviet bersatu melawan Jerman dan aliansinya, yang melibatkan Italia dan Jepang.

Perang melibatkan beberapa pertempuran dan operasi penting, seperti Operasi Barbarossa (serangan Uni Soviet oleh Jerman), Bataille de Stalingrad (pemukiman tentara Soviet di kota Stalingrad), dan D-Day (penyerangan armada tentara Amerika Serikat dan Inggris di Pantai Normandia, Perancis).

Pada tahun 1945, tentara Allied (aliansi Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat) berhasil menaklukkan Jerman dan memaksa pemerintah Jerman untuk menandatangani instrument of surrender pada 8 Mei 1945, menandai akhir Perang Dunia 2.

Perang memakan jutaan nyawa dan memiliki dampak yang sangat besar pada dunia. Dampak dari Perang Dunia 2 termasuk pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan NATO, serta perubahan politik dan sosial di berbagai negara, termasuk pembagian Berlin dan pembagian Timur dan Barat. Perang juga memicu perlombaan senjata nuklir dan perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Perang Dunia 2 dikenal sebagai salah satu peristiwa paling mematikan dan merupakan titik balik dalam sejarah modern. Hal ini mengubah dunia secara permanen dan membantu menentukan arah dan tatanan politik dan ekonomi dunia pada abad ke-20 dan 21.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *