PsikologiTips dan Trik

Memahami Taktik Berbahaya dan Manipulasi dari Love Bombing

18
×

Memahami Taktik Berbahaya dan Manipulasi dari Love Bombing

Share this article

Aptoodet.com – Love bombing adalah taktik yang digunakan oleh individu yang mencari untuk memanipulasi dan mengontrol orang lain, seringkali dalam hubungan romantis atau kelompok pemuja. Ini adalah bentuk manipulasi psikologis yang membanjiri seseorang dengan perhatian, kasih sayang, dan pujian berlebihan, untuk memperoleh kepercayaan dan kasih sayang mereka. 

Meskipun awalnya bisa terlihat seperti kasih sayang yang tulus, love bombing sebenarnya merupakan taktik untuk mempertahankan kendali atas korban dan memanfaatkan emosinya.

Tanda-tanda love bombing termasuk memperlihatkan perhatian yang berlebihan, memuji dan memuaskan secara berlebihan, dan membuat korban merasa istimewa. Dalam beberapa kasus, pelaku juga bisa memperlihatkan kemarahan dan kecewa yang berlebihan ketika korban tidak memenuhi harapannya.

Love bombing bisa mempengaruhi korban secara menyeluruh, membuat mereka merasa ragu dan tidak pasti tentang apa yang sebenarnya terjadi. Ini bisa membuat korban kehilangan identitas dan mempercayai manipulator, membuat mereka tidak mampu melihat tindakan yang merugikan diri mereka.

Untuk melindungi diri dari love bombing, penting untuk memahami tanda-tanda dan mempertahankan jarak emosional dengan orang yang memperlihatkan perilaku ini. Juga penting untuk membangun kepercayaan dalam diri dan mengkomunikasikan batas-batas yang jelas. Jika mencurigai sedang mengalami love bombing, segeralah minta bantuan profesional.

Love bombing adalah bentuk manipulasi yang berbahaya dan bisa mempengaruhi korban secara permanen. Penting untuk memahami tanda-tanda dan melindungi diri dari teknik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *