KesehatanTips dan Trik

Ngilu dan Nyeri : Sakit Gigi Gusi Bengkak Apa Obatnya ?

19
×

Ngilu dan Nyeri : Sakit Gigi Gusi Bengkak Apa Obatnya ?

Share this article

Aptoodet.com – Halo teman-teman! Hari ini, kita akan membahas tentang masalah yang cukup umum terjadi di dalam mulut, yaitu sakit gigi dan gusi bengkak. Kalau kamu pernah merasakan sakit gigi dan gusi bengkak, pasti tahu betapa tidak nyamannya itu. Nah, Kita akan kasih tau nih, apa aja sih obatnya?

Sebelum kita membahas tentang obatnya, kita harus tahu dulu apa penyebab dari sakit gigi dan gusi bengkak. Salah satu penyebab yang paling sering adalah infeksi bakteri yang terjadi di dalam mulut. Infeksi tersebut bisa terjadi karena gigi yang berlubang, karang gigi, atau gusi yang terluka.

Untuk mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak, kamu bisa menggunakan beberapa obat yang bisa dibeli di apotek. Obat pertama yang bisa kamu gunakan adalah obat kumur antiseptik. 

Obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri di dalam mulut sehingga infeksi bisa dihambat. Kamu bisa menggunakan obat kumur setiap kali selesai menyikat gigi atau kapanpun kamu merasa mulutmu tidak nyaman.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan pada gusi bengkak.

Jika sakit gigi dan gusi bengkak kamu sudah cukup parah, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter gigi akan memberikan penanganan yang lebih spesifik dan mungkin akan memberikan obat antibiotik jika diperlukan.

Nah, selain menggunakan obat, kamu juga harus menjaga kebersihan mulut dengan baik. Rutin menyikat gigi, membersihkan gigi dari sisa makanan dengan benang gigi, dan berkumur dengan obat kumur antiseptik dapat membantu mencegah terjadinya infeksi dan sakit gigi dan gusi bengkak.

Oke deh, itu tadi beberapa obat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan mulutmu agar tidak mudah terkena infeksi ya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *