KesehatanTips dan Trik

Dari Jahe hingga Kunyit, Ini Dia 5 Obat Masuk Angin Tradisional yang Sudah Terbukti Khasiatnya

18
×

Dari Jahe hingga Kunyit, Ini Dia 5 Obat Masuk Angin Tradisional yang Sudah Terbukti Khasiatnya

Share this article

Aptoodet.com – Hai guys, siapa yang tidak pernah merasakan masuk angin? Masuk angin memang salah satu masalah kesehatan yang paling umum dialami oleh banyak orang. Biasanya, masuk angin disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu, kelelahan, atau bahkan karena terkena angin dingin langsung. Nah, bagi kalian yang sedang mencari obat masuk angin yang ampuh dan alami, obat masuk angin tradisional bisa menjadi pilihan yang tepat.

1. Jahe

Jahe adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai obat masuk angin. Jahe mengandung zat yang disebut gingerol yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dan hidung tersumbat. Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara mengkonsumsi jahe bisa dengan menambahkan irisan jahe ke dalam minuman hangat atau membuat ramuan jahe dengan mencampurkan air jahe, madu, dan perasan jeruk nipis.

2. Kunyit

Kunyit adalah bahan alami lain yang sering digunakan sebagai obat masuk angin. Kunyit mengandung zat yang disebut kurkumin yang dapat membantu meredakan peradangan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa membuat ramuan kunyit dengan mencampurkan kunyit bubuk, air hangat, dan madu.

3. Temulawak

Temulawak juga termasuk obat masuk angin tradisional yang sering digunakan. Temulawak mengandung zat yang disebut curcuminoid yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh dan juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Untuk membuat ramuan temulawak, Anda bisa mencampurkan serbuk temulawak dengan air hangat dan madu.

4. Teh

Teh hangat juga bisa menjadi obat masuk angin yang ampuh. Teh mengandung antioksidan dan zat yang disebut katekin yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh. Selain itu, teh juga dapat membantu melembapkan tenggorokan yang kering. Untuk membuat teh, Anda bisa menggunakan teh hijau atau teh hitam dan menambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis.

5. Madu

Madu juga sering digunakan sebagai obat masuk angin tradisional karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Madu dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Untuk mengkonsumsi madu, Anda bisa menambahkannya ke dalam minuman hangat atau membuat ramuan madu dengan mencampurkan madu dengan air hangat dan perasan jeruk nipis.

Nah, itu dia beberapa obat masuk angin tradisional yang bisa Anda coba. Meskipun obat-obatan modern juga bisa membantu meredakan masuk angin, namun tidak ada salahnya untuk mencoba obat tradisional yang alami dan aman bagi kesehatan. Namun, jika masuk angin yang Anda alami terus berlanjut atau bahkan semakin parah, sebaiknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *