Wawasan

Menelusuri Pergerakan Bumi Yang Menyebabkan Terjadinya Peralihan Musim

14
×

Menelusuri Pergerakan Bumi Yang Menyebabkan Terjadinya Peralihan Musim

Share this article

Aptoodet.com – Bumi memiliki empat musim yang berbeda karena adanya perubahan dalam intensitas sinar matahari yang diterima oleh Bumi saat mengelilingi Matahari.

Perubahan ini terjadi karena kemiringan sumbu Bumi terhadap bidang orbitnya yang mengakibatkan perbedaan suhu dan cahaya di belahan Bumi yang berbeda.

Pada saat Bumi menjauh dari Matahari, suhu cenderung lebih dingin dan cahaya yang diterima juga kurang intens, sehingga terjadi musim dingin. Pada saat Bumi mendekati Matahari, suhu cenderung lebih hangat dan cahaya yang diterima juga lebih intens, sehingga terjadi musim panas.

Sedangkan pada saat Bumi sedang menuju ke arah atau menjauhi Matahari, terjadi peralihan antara musim dingin dan musim panas. Pada saat peralihan antara musim dingin dan musim panas, terjadi musim semi, sedangkan pada saat peralihan antara musim panas dan musim dingin terjadi musim gugur.

Jadi, empat musim yang berbeda ini terjadi karena perubahan dalam intensitas sinar matahari yang diterima oleh Bumi saat mengelilingi Matahari dan kemiringan sumbu Bumi terhadap bidang orbitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *