KesehatanTips dan Trik

Bukan Hanya karena Infeksi, Inilah Penyebab Umum Sakit Tenggorokan yang Harus Kamu Ketahui

25
×

Bukan Hanya karena Infeksi, Inilah Penyebab Umum Sakit Tenggorokan yang Harus Kamu Ketahui

Share this article
Aptoodet.com – Kamu pasti pernah mengalami rasa gatal atau nyeri di tenggorokan yang bikin tidak nyaman, bukan? pernahkah kamu bertanya sakit tenggorokan disebabkan oleh apa ? Nah, ada berbagai alasan mengapa tenggorokanmu bisa terasa sakit. Jangan khawatir, di artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab umum sakit tenggorokan. Yuk, simak!
1. Infeksi Saluran Pernapasan
Infeksi saluran pernapasan atas seperti flu, pilek, atau radang amandel (tonsilitis) adalah penyebab umum sakit tenggorokan. Virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi bisa meradangkan selaput lendir di tenggorokan, sehingga menyebabkan rasa sakit, gatal, atau terasa seperti terbakar. Biasanya, gejala lain seperti hidung tersumbat, batuk, atau bersin juga ikut mengiringi.
Trik jitu untuk meredakan sakit tenggorokan akibat infeksi saluran pernapasan adalah dengan istirahat yang cukup, minum air hangat atau teh madu lemon, serta menghisap permen pelega tenggorokan. Hindari merokok atau menghirup asap yang bisa memperburuk gejala, ya!
2. Alergi
Alergi bisa menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan, terutama jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap debu, serbuk sari, bulu binatang, atau makanan tertentu. Ketika alergen masuk ke tenggorokan, sistem kekebalan tubuhmu akan bereaksi, menghasilkan zat kimia yang bisa meradangkan tenggorokan dan menyebabkan gejala seperti rasa sakit, gatal, atau perasaan tercekat.
Untuk meredakan sakit tenggorokan akibat alergi, kamu bisa menghindari pemicu alergi, seperti menjaga kebersihan rumah, menghindari kontak langsung dengan binatang peliharaan, atau menghindari makanan yang memicu reaksi alergi. Jika gejalanya terasa parah, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.
3. Refluks Asam Lambung
Ternyata, refluks asam lambung yang biasanya dikaitkan dengan gejala seperti mulas atau mual, juga bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, bisa terjadi iritasi pada selaput lendir tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit atau terbakar di tenggorokan.
Untuk mengatasi sakit tenggorokan akibat refluks asam lambung, hindari makanan atau minuman yang memicu refluks, seperti makanan pedas, asam, atau berlemak tinggi. Usahakan tiduran dalam posisi miring atau tinggikan kepala tempat tidur untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan saat tidur.
4. Pernapasan yang Tidak Sehat
Pernapasan yang tidak sehat, seperti menghirup udara yang tercemar oleh polusi udara, debu, atau asap rokok, juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Partikel-partikel tersebut dapat merangsang dan mengiritasi tenggorokan, menyebabkan sensasi sakit, kering, atau gatal.
Untuk mengatasi sakit tenggorokan akibat pernapasan yang tidak sehat, hindari area yang terpapar polusi udara atau asap rokok. Gunakan masker saat berada di lingkungan yang berpolusi udara dan pastikan udara di rumahmu cukup bersih dengan menjaga kebersihan rumah dan menggunakan alat pembersih udara jika diperlukan.
5. Dehidrasi
Kurang minum air yang cukup dapat membuat tenggorokanmu kering, iritasi, dan akhirnya sakit. Dehidrasi dapat membuat selaput lendir tenggorokan menjadi kering dan mudah meradang, sehingga menyebabkan rasa sakit.
Pastikan kamu minum air yang cukup setiap hari untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik. Selain air putih, konsumsi juga minuman hangat seperti teh madu lemon atau air hangat dengan madu dan lemon yang dapat membantu melembapkan tenggorokan dan meredakan sakit tenggorokan.
Itulah beberapa penyebab umum sakit tenggorokan yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami sakit tenggorokan yang berlangsung lama atau disertai gejala lain yang mengganggu. Konsultasikan dengan dokter jika gejalanya tidak membaik atau semakin parah.
Ingatlah untuk menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghindari pemicu yang dapat meradang tenggorokanmu. So, jangan anggap enteng ketika tenggorokanmu terasa sakit. Ingat, menjaga kesehatan tenggorokanmu adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. 
Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna dan membantu kamu mengatasi sakit tenggorokan dengan lebih baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *