Tips dan TrikWawasan

Ini Dia 6 Rahasia Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

14
×

Ini Dia 6 Rahasia Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Share this article

Aptoodet.com – Membeli bahan bakar untuk mobil dapat menjadi beban finansial yang signifikan bagi banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana menghemat bahan bakar mobil agar tidak membengkakkan biaya pengeluaran bulanan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghemat bahan bakar mobil:

1. Perencanaan perjalanan

Perencanaan perjalanan dapat membantu Anda menghemat bahan bakar mobil. Cobalah untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan memilih rute yang lebih singkat. Jangan berbelok-belok atau mengambil jalan yang memutar tanpa alasan yang jelas. Menghindari kemacetan lalu lintas dan memilih rute yang lebih singkat akan membantu Anda menghemat bahan bakar mobil.

2. Mengurangi beban mobil

Semakin berat beban mobil, semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakannya. Oleh karena itu, mengurangi beban mobil dapat membantu Anda menghemat bahan bakar. 

Anda dapat mengosongkan kabin dari barang-barang yang tidak perlu dan menghapus rak atap atau karpet kargo jika tidak digunakan.

3. Memperhatikan tekanan ban

Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar mobil. Pastikan untuk memeriksa tekanan ban secara teratur dan menyesuaikannya dengan rekomendasi pabrik. Ban yang bocor atau aus dapat mengurangi efisiensi bahan bakar, jadi pastikan ban Anda dalam kondisi yang baik.

4. Gunakan bahan bakar yang tepat

Menggunakan bahan bakar yang tepat dapat membantu Anda menghemat bahan bakar mobil. Pastikan untuk memilih bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. Meskipun bahan bakar dengan oktan lebih tinggi mungkin terlihat lebih menggoda, namun sebenarnya tidak selalu lebih baik.

5. Perhatikan kecepatan

Kecepatan tinggi dapat mengurangi efisiensi bahan bakar mobil. Cobalah untuk menjaga kecepatan di bawah 100 km/jam saat berkendara di jalan tol atau jalan raya. Jangan mempercepat atau mengerem secara tiba-tiba, karena hal tersebut dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar mobil.

6. Hindari idle atau mesin menyala dalam waktu lama

Mengemudikan mobil dalam kondisi idle atau mesin menyala dalam waktu lama dapat menghabiskan banyak bahan bakar. Jika Anda sedang menunggu seseorang atau menunggu dalam antrian panjang, matikan mesin mobil dan hidupkan kembali saat perlu.

Merawat mesin, Perawatan mesin yang baik dapat membantu Anda menghemat bahan bakar mobil. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti filter udara dan busi secara teratur, serta melakukan perawatan mesin rutin seperti penggantian oli dan perawatan sistem pendingin. 

Mesin yang sehat dapat menghasilkan lebih banyak tenaga dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *