Wawasan

Inilah Sebab Mengapa Daun Berubah Warna Pada Saat Musim Gugur

15
×

Inilah Sebab Mengapa Daun Berubah Warna Pada Saat Musim Gugur

Share this article

Aptoodet.com – Musim gugur biasanya menjadi musim yang sangat dinanti oleh banyak orang. Banyak orang menantikan saat-saat dimana pepohonan berubah warna dan dedaunan berguguran dari pepohonan, menciptakan pemandangan yang indah dan mengagumkan. Namun, apa yang menyebabkan daun berubah warna di musim gugur? 

Pada artikel ini, kita akan membahas faktor-faktor yang menyebabkan daun berubah warna di musim gugur.

Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu memahami bahwa daun berwarna hijau karena adanya klorofil dalam daun tersebut. Klorofil adalah pigmen yang berperan penting dalam proses fotosintesis, yaitu proses pembuatan makanan oleh tumbuhan menggunakan energi dari sinar matahari.

Namun, ketika musim gugur tiba dan sinar matahari menjadi lebih sedikit, daun tidak lagi mampu memproduksi cukup energi dari fotosintesis. Oleh karena itu, daun memutuskan untuk menghentikan proses fotosintesis, dan klorofil dalam daun mulai diuraikan dan disimpan kembali ke dalam batang atau akar pohon untuk digunakan pada musim yang akan datang.

Dalam proses penghentian fotosintesis dan penguraian klorofil, terjadi perubahan dalam kandungan pigmen daun, dan inilah yang menyebabkan daun berubah warna. Ada tiga jenis pigmen yang berperan dalam perubahan warna daun, yaitu karotenoid, antosianin, dan antrasianin.

Pigmen karotenoid, seperti karoten dan xantofil, berwarna kuning atau oranye dan biasanya sudah ada dalam daun sepanjang tahun. Namun, karena pigmen klorofil yang menutupi warna kuning atau oranye tersebut hilang, maka pigmen karotenoid dapat lebih terlihat di musim gugur. Oleh karena itu, daun yang biasanya berwarna hijau, akan berubah menjadi kuning atau oranye.

Pigmen antosianin, yang biasanya tidak ada dalam daun sepanjang tahun, mulai terbentuk ketika produksi klorofil berhenti. Pigmen ini dapat berwarna merah, ungu, atau biru. Ketika suhu di musim gugur menjadi lebih dingin, pigmen antosianin dapat lebih terbentuk, dan daun yang tadinya berwarna hijau, akan berubah menjadi merah atau ungu.

Sedangkan, pigmen antrasianin, yang biasanya hanya ditemukan pada jenis pohon tertentu, dapat memberikan warna biru atau ungu pada daun.

Namun, meskipun perubahan pigmen dalam daun menyebabkan daun berubah warna, tidak semua daun berubah warna di musim gugur. Beberapa jenis pohon, seperti pohon cemara atau pohon jarum, memiliki daun yang selalu hijau sepanjang tahun. Ada juga jenis pohon yang daunnya tidak berubah warna di musim gugur, namun langsung berguguran dari pohon, seperti pohon ginkgo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *