Finansial

Investasi Valas, Ini Pengertian  dan Keuntungannya

67
×

Investasi Valas, Ini Pengertian  dan Keuntungannya

Share this article
Investasi Valas
Ilustrasi mata uang asing dolar (pixabay.com/Geralt)

Aptoodet.com – Ketika ingin investasi ada beberapa alternatif pilihan, seperti investasi emas, saham sampai investasi properti dan bagaimana kalau investasi Valas.

Beragam investasi memang menarik, akan tetapi investasi valas bisa dicoba karena ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh.

Baca juga: Saham Sage, Nama Kode Emiten PT Saptausaha Gemilangindah Tbk

Seputar Investasi Valas

1. Valas dalam Bisnis

Sebelum mengenali lebih jauh soal investasi valas perlu memahami valas dalam bisnis, karena ada perbedaannya terutama bentuk investasi.

Kalau investasi valas atau sering disebut valuta asing tidak membutuhkan waktu kapan dicairkan menjadi uang tunai.

Menariknya, investasi valas  bisa ditukarkan sampai kapan pun tidak ada batas waktu sesuai kebutuhan fleksibel dan mudah.

2. Apa itu Valas

Valuta asing memang menarik, akan tetapi selanjutnya  mengenal investasi valas yang sebagian orang belum mengenal dan memahami  apa itu valas.

Valas singkatan dari valuta asing ini  dalam proses jual beli  fokus pada mata uang asing, kemudian nanti dapat dijualbelikan.

Atau, diperdagangkan  di pasar valuta  asing ( foreign exchange) yang perlu dipahami dalam valas, adalah konversi mata uang.

Kegunaan lain dari valas  nanti dapat digunakan  dalam perdagangan maupun transaksi internasional secara global lewat pasar valuta asing( FX Market) terbesar di dunia.

3. Pasar Valuta Asing dan Bentuk Transaksi Valuta Asing

Perdagangan valas dilaksanakan di pasar valuta asing yang dari dulu kerap dijadikan tempat transaksi jual beli mata uang antar negara,

Pasar ini unik buka dan beroperasi terus menerus selama 24 jam setiap harinya, dari sini menjadi lokasi yang menghubungkan para pelaku pasar seluruh dunia.

Pada pasar valuta asing  para pelaku pasar dapat melakukan kegiatan transaksi  dalam berbagai bentuk, seperti jual beli tunai(spot) atau jual beli berjangka (forward)

Masih ada lagi model transaksi lain yang bisa dicoba, yaitu jual beli berjangka(futures), jual beli swap dan jual beli opsi, tinggal pilih mana yang disukai.

Valuta asing atau valas ini memang khas bisa  digunakan baik perseorangan, badan usaha sampai masalah transaksi internasional oleh suatu negara.

Baca juga: BBN Airlines Indonesia, Miliki 3 Pesawat Kargo dan Armada Boeing 737-800

Keuntungan dari Investasi Valas

Seperti telah dijelaskan sebelumnya  investasi valas bisa dilakukan oleh perorangan hingga badan usaha, kemudian tempat jual beli valas dilakukan di pasar valuta asing.

Pasar valuta asing pusat jual beli mata uang asing, lalu apa keuntungan dari  investasi valas sebenarnya dan berikut ini ulasannya.

1. Likuidasi Tinggi

Salah satu keuntungan investasi valas adalah memiliki likuiditas  tinggi dan bisa dijadikan alternatif  investasi, karena dengan cara ini bisa jual beli valuta asing.

Ketika menggunakan likuiditas  dimanfaatkan jual beli valas, Anda bisa menukarkan atau konversi mata uang asing  dengan mudah saat membutuhkan yang harganya terjangkau

2. Terhindar dari Devaluasi

Hal lain dari keuntungan investasi valas, adalah sulit dan terhindar dari devaluasi, atau dengan kata lain tidak ada penurunan nilai mata uang asing.

Mata uang asing selama ini menjadi favorit  para investor valas, seperti  mata uang dollar Amerika Serikat kemudian dollar  Australia, dollar  Selandia baru dan Poundsterling.

Faktor lain terhindar dari devaluasi, lantaran kondisi perekonomian negara-negara tersebut cukup stabil sehingga kemungkinan kecil ada penurunan mata uang di tingkat internasional.

3. Nilai Mata Uang Kurs Setiap Tahun Terus Menguat

Selain terhindar dari devaluasi, ada yang istimewa dari investasi valas yaitu nilai kurs  mata uang asing terus menguat setiap tahunnya.

Sifat dari kurs valuta asing menguat setiap tahun tentu saja memberi keuntungan tersendiri bagi  para investor, jika kurs mata uang Rupiah melemah.

Pastinya, keuntungan lebih besar karena nilai dolar makin tinggi, jumlah dolar  bertambah banyak dan itulah ulasan singkat mengenai investasi valas yang ternyata menguntungkan.

Leave a Reply