Wawasan

Apa itu hazelnut, apakah hazelnut adalah buah kemiri ?

19
×

Apa itu hazelnut, apakah hazelnut adalah buah kemiri ?

Share this article

Aptoodet.com – Di dunia buah-buahan, terdapat berbagai macam jenis yang menawarkan rasa, aroma, dan manfaat kesehatan yang unik. Salah satu buah yang menarik perhatian banyak orang adalah hazelnut. Tetapi, apakah hazel nut itu sebenarnya? Apakah hazel nut adalah buah kemiri? Mari kita kupas lebih dalam tentang buah ini.

Hazelnut, juga dikenal sebagai kacang hazel, adalah biji yang berasal dari pohon hazel (Corylus). Pohon ini tumbuh di berbagai wilayah di dunia, termasuk Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Buah hazel nut sendiri berbentuk bulat, dengan kulit keras yang melindungi bijinya di dalamnya.

Namun, terdapat kesalahpahaman umum bahwa hazelnut adalah sama dengan kemiri. Sebenarnya, hazelnut dan kemiri adalah dua jenis buah yang berbeda. Hazelnut berasal dari genus Corylus, sedangkan kemiri berasal dari genus Aleurites. Meskipun keduanya adalah jenis kacang-kacangan, mereka memiliki karakteristik fisik dan rasa yang berbeda.

Perbedaan antara hazelnut dan kemiri juga terlihat dalam warna, tekstur, dan rasa mereka. Hazel nut memiliki kulit yang kasar dan tebal, dengan warna cokelat keemasan yang khas. Saat kulitnya dikupas, biji hazel nut memiliki warna putih dengan tekstur yang renyah. Rasanya sering dianggap sebagai kombinasi antara almond dan walnut.

Di sisi lain, kemiri memiliki kulit yang lebih halus dan tipis, dengan warna yang cenderung lebih gelap, seperti cokelat tua hingga hitam. Biji kemiri memiliki warna putih kekuningan dengan tekstur yang lembut dan lebih mudah dihaluskan. Rasa kemiri cenderung lebih kuat dan khas, dengan aroma yang tajam dan sedikit pahit.

Selain perbedaan fisik dan rasa, penggunaan hazelnut dan kemiri dalam masakan juga berbeda. Hazel nut sering digunakan dalam berbagai hidangan, baik yang manis maupun yang gurih. Mereka dapat dikonsumsi mentah, dipanggang, atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam kue, cokelat, selai, atau makanan penutup lainnya. Hazelnut juga merupakan bahan utama dalam pembuatan kacang hazel yang populer.

Di sisi lain, kemiri biasanya lebih umum digunakan dalam hidangan Asia Tenggara, terutama dalam masakan Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Kemiri sering dihaluskan menjadi pasta dan digunakan sebagai bumbu dalam saus, sup, atau hidangan kari. Selain itu, kemiri juga digunakan dalam rempah-rempah tradisional seperti bumbu gado-gado atau sambal.

Keduanya, hazelnut dan kemiri, memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Hazelnut kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, serat, vitamin E, magnesium, dan antioksidan. Mereka dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kesehatan kulit. 

Di sisi lain, manfaat buah kemiri yang mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, dan mineral seperti selenium, juga baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, meskipun sering terjadi kebingungan antara hazelnut dan kemiri, keduanya adalah jenis buah yang berbeda. Hazelnut menawarkan rasa kaya dan manfaat kesehatan yang luar biasa, sementara kemiri memberikan kelezatan dan aroma khas dalam masakan Asia Tenggara. 

Jadi, saat Anda menemui hazelnut dan kemiri di pasar atau dalam hidangan favorit Anda, Anda sekarang tahu perbedaan di antara keduanya. semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *