Wawasan

Apa Itu Isra’ Mi’raj ? dan Maknanya Bagi Umat Muslim

40
×

Apa Itu Isra’ Mi’raj ? dan Maknanya Bagi Umat Muslim

Share this article

Aptoodet.com – Isra’ Mi’raj adalah peristiwa yang penting dalam agama Islam yang menceritakan perjalanan spiritual yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Yerusalem (Isra’) dan kemudian ke langit (Mi’raj) dalam semalam. Perjalanan ini terjadi pada tahun 620 Masehi, sekitar satu tahun sebelum hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah.

Umat Muslim Meyakini perjalanan Isra’ Mi’raj dimulai ketika Malaikat Jibril datang untuk membawa Nabi Muhammad dari Masjid al-Haram di Mekah ke Masjid al-Aqsa di Yerusalem. Di sana, Nabi Muhammad melakukan shalat dan kemudian dinaikkan ke langit oleh Malaikat Jibril. 

Selama perjalanan ke langit, Nabi Muhammad bertemu dengan para nabi dan malaikat, dan diberikan penglihatan dari surga dan neraka. Di akhir perjalanan, Nabi Muhammad menerima perintah untuk mengerjakan lima waktu shalat sehari-hari.

Peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki makna spiritual yang penting bagi umat Islam. Ini menunjukkan kekuasaan dan kemurahan Allah SWT, serta pentingnya shalat sebagai kewajiban bagi setiap muslim. Selain itu, perjalanan ini juga menjadi bukti kesucian Nabi Muhammad sebagai utusan Allah.

Isra’ Mi’raj dirayakan oleh umat Islam setiap tahun dalam bulan Rajab dalam kalender Islam dengan berbagai kegiatan keagamaan dan peringatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *