TeknoWawasan

Apa itu RAM (Random Access Memory) ? dan Perannya Dalam Proses Kinerja Komputer

21
×

Apa itu RAM (Random Access Memory) ? dan Perannya Dalam Proses Kinerja Komputer

Share this article

Aptoodet.com – RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang digunakan oleh komputer untuk sementara menyimpan data dan program yang sedang dijalankan secara aktif. 

RAM berbeda dengan penyimpanan permanen seperti hard disk drive (HDD) atau solid-state drive (SSD), karena RAM hanya menyimpan data dan program sementara saat komputer dihidupkan dan dapat diakses secara cepat oleh CPU.

RAM sangat penting untuk kinerja komputer karena semakin banyak RAM yang tersedia, semakin banyak program dan data yang dapat diakses oleh CPU secara simultan. Jika RAM terlalu kecil, komputer akan mengalami kinerja yang lambat atau bahkan macet saat menjalankan program atau tugas yang membutuhkan banyak memori, seperti menjalankan banyak program sekaligus atau mengedit video dan gambar yang besar.

Dalam hal ini, RAM berperan sebagai jembatan antara CPU dan penyimpanan data jangka panjang seperti HDD atau SSD, sehingga data yang dibutuhkan CPU dapat diakses dengan lebih cepat dan efisien. 

Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin lancar komputer Anda akan berjalan dan semakin cepat juga kecepatan transfer data dari dan ke penyimpanan jangka panjang.

Dalam memilih laptop atau PC, penting untuk mempertimbangkan jumlah dan jenis RAM yang terpasang di dalamnya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika Anda berencana untuk menggunakan aplikasi yang membutuhkan banyak memori, seperti game atau pengeditan video, maka sebaiknya Anda memilih laptop atau PC dengan RAM yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *