FinanceWawasan

Apa Itu Suku Bunga ? dan Pengaruhnya Terhadap Pasar Keuangan

48
×

Apa Itu Suku Bunga ? dan Pengaruhnya Terhadap Pasar Keuangan

Share this article

Aptoodet.com – Suku bunga adalah biaya atau imbal hasil yang harus dibayarkan oleh pihak yang meminjam uang kepada pihak yang memberikan pinjaman. Suku bunga diukur dalam persentase dari jumlah pinjaman dan biasanya dinyatakan sebagai persentase per tahun.

Suku bunga dapat berubah-ubah tergantung pada beberapa faktor, seperti tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, permintaan dan penawaran uang, dan kebijakan moneter yang diambil oleh bank sentral atau pemerintah.

Misalnya, jika inflasi meningkat, bank sentral mungkin menaikkan suku bunga untuk mengendalikan pertumbuhan uang dan mencegah inflasi yang tidak terkendali.

Suku bunga dapat memengaruhi keputusan konsumen dan bisnis dalam hal pengeluaran dan investasi. Ketika suku bunga rendah, orang mungkin lebih mungkin untuk membeli rumah atau mobil dan bisnis mungkin lebih mungkin untuk mengambil pinjaman untuk memperluas usaha mereka.

Sebaliknya, ketika suku bunga tinggi, orang mungkin cenderung untuk menabung daripada membeli barang-barang besar, sementara bisnis mungkin menahan investasi baru karena biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Suku bunga juga memainkan peran penting dalam pasar keuangan. Investasi seperti obligasi dan deposito memiliki suku bunga yang ditetapkan, yang menentukan imbal hasil yang akan diterima oleh investor.

Tingkat suku bunga yang lebih tinggi cenderung menarik lebih banyak investor ke dalam investasi ini karena mereka menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi, sementara suku bunga yang lebih rendah dapat membuat investor beralih ke investasi yang lebih berisiko namun dengan imbal hasil yang lebih tinggi.

Dalam konteks ekonomi makro, suku bunga juga berperan dalam menentukan arah kebijakan moneter. Bank sentral memantau tingkat suku bunga untuk membantu menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi.

Dalam beberapa kasus, bank sentral dapat menggunakan kebijakan moneter untuk menyesuaikan suku bunga untuk mencapai tujuan tertentu, seperti menstimulasi pertumbuhan ekonomi atau menekan inflasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *