Psikologi

Apa itu Trust Issue dan Bagaimana Tanda-Tandanya

24
×

Apa itu Trust Issue dan Bagaimana Tanda-Tandanya

Share this article

Aptoodet.com – Kepercayaan adalah elemen penting dalam setiap hubungan, baik itu hubungan pribadi maupun profesional. Namun, seringkali seseorang menghadapi tantangan dalam membangun atau mempertahankan kepercayaan dalam hubungan mereka, yang dikenal sebagai trust issue atau masalah kepercayaan. Trust issue dapat merusak hubungan, menciptakan ketegangan, dan menghancurkan ikatan antara individu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami apa itu trust issue, mengidentifikasi akar permasalahannya, dan mengeksplorasi cara mengatasinya.

Apa itu Trust Issue?

Trust issue adalah ketidakmampuan seseorang untuk mempercayai orang lain atau memiliki keyakinan penuh pada integritas, niat baik, dan komitmen orang lain dalam hubungan. Trust issue bisa timbul karena berbagai alasan, seperti pengalaman buruk masa lalu, pengkhianatan sebelumnya, pola pikir negatif, atau kurangnya kepercayaan pada diri sendiri.

Tanda-tanda Trust Issue

Tanda-tanda trust issue dalam hubungan dapat bervariasi, tetapi beberapa tanda umum yang dapat diperhatikan antara lain:

1. Mencurigai dan mencari-cari kesalahan

Seseorang dengan trust issue seringkali mencurigai niat baik orang lain dan cenderung mencari-cari kesalahan atau tanda-tanda pengkhianatan.

2. Tidak percaya pada kata-kata orang lain 

Individu dengan trust issue sering kali tidak bisa percaya pada apa yang dikatakan oleh orang lain, bahkan ketika ada bukti yang menunjukkan sebaliknya. Mereka mungkin merasa waspada atau meragukan niat orang lain.

3. Sulit membangun hubungan dekat

Trust issue dapat membuat seseorang sulit membentuk hubungan dekat atau memperlihatkan kerentanan pada orang lain. Mereka mungkin menjaga jarak emosional atau merasa tidak nyaman dalam membagikan perasaan atau pengalaman pribadi.

4. Menarik diri dalam hubungan 

Orang dengan trust issue cenderung menarik diri atau menjaga jarak dalam hubungan, bahkan dengan orang-orang yang mereka cintai. Mereka mungkin tidak ingin terlalu terbuka atau terlibat dalam hubungan yang intim.

5. Mengontrol dan cemas berlebihan 

Trust issue dapat menyebabkan seseorang menjadi cemas berlebihan dan mengontrol orang lain. Mereka mungkin merasa perlu untuk selalu mengawasi atau membatasi gerak orang lain agar merasa aman. 

Memahami Akar Permasalahan Trust Issue dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *