Tekno

Apa Itu VPS dan RDP ? Bagaimana Cara Kerjanya

40
×

Apa Itu VPS dan RDP ? Bagaimana Cara Kerjanya

Share this article

Aptoodet.com – VPS (Virtual Private Server) dan RDP (Remote Desktop Protocol) adalah dua teknologi yang sering digunakan dalam dunia hosting dan teknologi informasi. Keduanya dapat membantu Anda dalam mengelola server dan melakukan pekerjaan yang membutuhkan sumber daya komputasi yang tinggi. Di artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang apa itu VPS dan RDP, bagaimana keduanya bekerja, dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan keduanya.

Apa itu VPS?

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Secara sederhana, VPS dapat diartikan sebagai sebuah virtual machine yang diberi sumber daya dari server fisik yang ada di pusat data. VPS sendiri sebenarnya merupakan bagian dari server fisik tersebut, namun diatur sedemikian rupa sehingga berfungsi seperti server independen yang dapat digunakan sendiri.

Setiap VPS memiliki sistem operasi dan sumber daya komputasi (CPU, RAM, storage) yang terpisah dari VPS lainnya yang berjalan di server fisik yang sama. Dalam hal ini, VPS dapat digunakan untuk keperluan hosting website, aplikasi, atau untuk pengembangan aplikasi. Dalam kebanyakan kasus, VPS lebih murah dibandingkan dengan menyewa server fisik secara keseluruhan.

Apa itu RDP?

RDP adalah singkatan dari Remote Desktop Protocol. RDP merupakan protokol jaringan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer jarak jauh melalui jaringan internet. Dengan menggunakan RDP, pengguna dapat mengakses semua file dan aplikasi yang terpasang pada komputer yang diakses jarak jauh.

Untuk menggunakan RDP, pengguna harus menginstal perangkat lunak RDP pada komputer yang ingin diakses jarak jauh. Selain itu, pengguna juga memerlukan koneksi internet yang stabil dan kecepatan yang cukup tinggi agar tidak terjadi lag pada saat penggunaan.

Bagaimana VPS dan RDP Bekerja?

VPS dan RDP pada dasarnya berfungsi untuk memberikan akses ke sumber daya komputasi yang tinggi untuk pengguna. Namun, cara kerja keduanya berbeda-beda.

VPS bekerja dengan memisahkan sumber daya server fisik menjadi beberapa VPS yang terpisah. Setiap VPS memiliki sistem operasi, memori, dan storage sendiri yang tidak tercampur dengan VPS lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menginstal aplikasi pada VPS sendiri tanpa terganggu oleh VPS lain yang berjalan di server fisik yang sama.

Sementara itu, RDP bekerja dengan memungkinkan pengguna mengakses komputer jarak jauh melalui jaringan internet. Ketika pengguna mengakses komputer jarak jauh dengan menggunakan RDP, pengguna dapat melihat dan mengoperasikan komputer yang diakses jarak jauh tersebut melalui layar komputer pengguna. Dalam hal ini, pengguna tidak perlu memasang aplikasi atau software baru pada komputer yang ingin diakses jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *