Wawasan

Bagaimana Sejarah Penetapan Waktu Dunia ? Berikut Penjelasannya

21
×

Bagaimana Sejarah Penetapan Waktu Dunia ? Berikut Penjelasannya

Share this article

Aptoodet.com – Penetapan waktu pertama kali dimulai pada masa pra-sejarah, ketika manusia menggunakan perubahan posisi matahari sebagai acuan untuk menentukan waktu. Pada zaman dahulu, masing-masing daerah memiliki metode tersendiri untuk menentukan waktu, seperti mengukur posisi matahari pada waktu tertentu.

Pada abad ke-7 M, Islam mengembangkan konsep waktu dengan menciptakan sistem penetapan waktu berdasarkan shalat. Pada abad ke-16, penduduk Eropa mulai menggunakan jam mekanik dan waktu meridian untuk menentukan waktu.

Pada tahun 1884, Konferensi Internasional Jam dan Meridian di Paris memperkenalkan standar waktu internasional, yang membagi dunia menjadi 24 bagian yang masing-masing memiliki satu jam standar. Standar ini sejak itu digunakan sebagai acuan waktu global dan mempermudah koordinasi dan komunikasi antar negara.

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi, penetapan waktu saat ini sangat akurat dan tepat waktu, dan sangat penting untuk berbagai aktivitas manusia, seperti perjalanan, bisnis, dan komunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *