TeknoTips dan Trik

6 Cara Mengatasi Handphone Yang Cepat Kehabisan Baterai atau Lowbat

14
×

6 Cara Mengatasi Handphone Yang Cepat Kehabisan Baterai atau Lowbat

Share this article

Aptoodet.com – Handphone adalah salah satu gadget yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Handphone memiliki banyak fungsi, seperti untuk berkomunikasi, menjalankan aplikasi, browsing, hingga membantu pekerjaan. 

Namun, seperti halnya gadget lainnya, handphone juga sering mengalami masalah yang membuat penggunanya merasa tidak nyaman. Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh pengguna handphone adalah baterai cepat habis. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Matikan fitur yang tidak diperlukan

Handphone modern memiliki banyak fitur, seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan NFC, yang bisa sangat mempengaruhi daya baterai. Oleh karena itu, pastikan untuk mematikan fitur yang tidak sedang digunakan. Misalnya, ketika sedang bepergian jauh, pastikan untuk mematikan fitur GPS dan Wi-Fi.

2. Kurangi kecerahan layar

Layar handphone adalah salah satu bagian yang paling boros dalam penggunaan daya baterai. Oleh karena itu, pastikan untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu cerah, terutama ketika berada di dalam ruangan yang cukup terang.

3. Nonaktifkan mode getar

Mode getar pada handphone adalah salah satu fitur yang sangat mempengaruhi daya baterai. Oleh karena itu, pastikan untuk mematikan mode getar ketika tidak sedang digunakan. Gunakan nada dering biasa atau silent mode jika memungkinkan.

4. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan

Aplikasi yang berjalan di belakang layar juga dapat mempengaruhi daya baterai. Oleh karena itu, pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan. Pastikan juga untuk menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan.

5. Gunakan fitur penghemat baterai

Beberapa handphone memiliki fitur penghemat baterai yang sangat membantu. Fitur ini dapat mematikan beberapa fitur yang tidak penting, seperti notifikasi dan sinkronisasi. Pastikan untuk mengaktifkan fitur ini jika handphone Anda memiliki fitur penghemat baterai.

6. Gunakan baterai yang berkualitas

Jika handphone Anda sudah memiliki baterai yang tidak awet lagi, pastikan untuk menggantinya dengan baterai yang berkualitas. Hindari membeli baterai yang murah dan tidak terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *