TeknoTips dan Trik

Cara Mengecek Plagiarisme Tulisan Dengan Simpel dan Mudah

21
×

Cara Mengecek Plagiarisme Tulisan Dengan Simpel dan Mudah

Share this article
Image by Freepik

Aptoodet.com – Tulisan atau karya yang dihasilkan haruslah orisinal dan bebas dari plagiarisme. Plagiarisme adalah tindakan mengambil atau menggunakan karya atau ide seseorang yang lain tanpa memberikan pengakuan atau izin kepada pemilik asli. Dalam konteks akademik atau penulisan, plagiat terjadi ketika seseorang mengambil teks, gagasan, atau hasil penelitian dari sumber lain dan mempresentasikannya sebagai karya orisinal mereka sendiri tanpa memberikan atribusi yang sesuai kepada sumber tersebut.

Plagiat dapat mencakup penggunaan langsung atau salinan kata-kata, frasa, atau paragraf dari sumber asli, serta penggunaan ide, konsep, atau argumen tanpa memberikan kredit kepada pemilik aslinya. Plagiat dianggap sebagai pelanggaran etika akademik dan dapat memiliki konsekuensi serius, termasuk diskualifikasi dari tugas, pencabutan gelar, atau tindakan disiplin lainnya, tergantung pada kebijakan institusi atau organisasi yang bersangkutan.

Untuk memastikan tulisan Anda bebas dari plagiarisme, anda dapat menggunakan alat plagiarism checker atau alat pengecekan plagiasi online yang tersedia di web. Berikut adalah cara untuk melakukan cek plagiarism tulisa dengan mudah : 

1. Kunjungi web Dupli checker, yang merupakan salah satu web penyedia alat pengecekan plagiasi tulisan dengan metode scanning.

2. Salin dan Tempelkan Tulisan Anda

Salin dan tempelkan tulisan atau teks yang ingin Anda periksa ke kotak teks atau area yang disediakan oleh alat dupli checker. Pastikan Anda memasukkan teks asli dari tulisan Anda sendiri.

3. Mulai Cek Plagiarisme 

Setelah memasukkan tulisan Anda ke dalam alat dupli checker, selanjutnya anda perlu mengonfirmasi captcha untuk membuktikan bahwa pengguna dari web bukanlah robot, kemudian klik tombol “Check Plagiarism” untuk memulai proses cek plagiarisme. Alat dupli checker akan memproses tulisan Anda dan membandingkannya dengan sumber-sumber online yang ada di dalam database mereka.

4. Tunggu Hasilnya

Tunggu hingga proses cek plagiarisme selesai. Hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk laporan yang menunjukkan persentase kesamaan antara tulisan Anda dengan sumber-sumber online yang terdeteksi. Beberapa alat  juga dapat menunjukkan bagian yang dianggap sebagai plagiarisme, dengan menyorot kata-kata atau frasa yang mirip dengan sumber asli.

5. Analisis Hasil dan Ambil Tindakan 

Setelah menerima hasil cek plagiarisme, analisis hasil tersebut. Jika ada kesamaan yang signifikan antara tulisan Anda dengan sumber-sumber online yang terdeteksi, cermati dan periksa bagian tersebut. Jika tulisan Anda terbukti melakukan plagiarisme, segera ambil tindakan untuk menghindari konsekuensi yang mungkin timbul. Anda bisa merewrite atau memberikan atribusi yang tepat kepada sumber asli, tergantung pada kebijakan dan aturan yang berlaku.

Menggunakan alat dupli checker adalah salah satu cara yang efektif untuk memastikan tulisan Anda bebas dari plagiarisme. Namun, selain itu, penting juga untuk memiliki pemahaman yang baik tentang etika penulisan baik dalam akademik maupun dunia blog dan menghindari mengambil karya orang lain tanpa memberikan atribusi yang sesuai. Selalu lakukan penelitian yang cermat, mengutip sumber dengan benar, dan menulis dengan orisinalitas untuk menjaga integritas akademik dan profesional Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *