Wawasan

4 Faktor Mengapa Kita Merasa Dingin Ketika Berada di Suhu Rendah

15
×

4 Faktor Mengapa Kita Merasa Dingin Ketika Berada di Suhu Rendah

Share this article

Aptoodet.com – Ketika suhu di sekitar kita menurun, tubuh kita merespons dengan menghasilkan sensasi dingin pada kulit kita. Ini disebabkan oleh beberapa mekanisme tubuh yang terjadi ketika kita berada dalam suhu rendah.

Pertama-tama, ketika suhu turun, kulit kita mengalami kontraksi pembuluh darah di permukaannya. Ini mengurangi jumlah darah yang mengalir ke permukaan kulit dan mempertahankan lebih banyak darah di dalam tubuh, menjaga organ vital tetap hangat. Akibatnya, kulit kita akan terlihat lebih pucat dan dingin.

Kedua, ketika kita berada di suhu rendah, kelenjar keringat kita akan mengecil dan menghasilkan sedikit keringat, sehingga meminimalkan hilangnya panas melalui penguapan. Keringat membantu menjaga tubuh tetap dingin dalam kondisi suhu panas, tetapi dalam suhu dingin, keringat dapat mengakibatkan kehilangan panas tubuh yang berlebihan.

Ketiga, tubuh kita akan merespons suhu dingin dengan menggigil. Gigi-gigi kita bergetar secara otomatis, yang memicu produksi panas tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Kondisi ini dapat mengakibatkan ketegangan otot dan kelelahan, tetapi membantu kita bertahan dalam kondisi suhu yang rendah.

Keempat, kita mungkin merasa dingin ketika berada di suhu rendah karena perubahan yang terjadi pada kulit dan sel-sel syaraf.

Dalam kesimpulannya, ketika kita berada dalam suhu yang rendah, tubuh kita merespons dengan mekanisme tubuh yang berbeda untuk mempertahankan suhu tubuh yang hangat. 

Kontraksi pembuluh darah di kulit, pengurangan keringat, menggigil, dan perubahan pada sel-sel syaraf kulit adalah beberapa mekanisme yang terjadi ketika kita merasa dingin. Pemahaman ini penting untuk membantu kita mengambil langkah-langkah untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan kita dalam suhu yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *