Wawasan

Inilah Faktor Yang Menyebabkan Bumi Memiliki 4 Musim

15
×

Inilah Faktor Yang Menyebabkan Bumi Memiliki 4 Musim

Share this article

Aptoodet.com – Bumi memiliki empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Empat musim ini terjadi karena perubahan posisi Bumi terhadap Matahari dan dampaknya pada suhu dan cahaya yang diterima Bumi.

Bumi mengorbit Matahari dalam bentuk elips yang tidak sempurna dan membutuhkan waktu 365,24 hari untuk mengelilingi Matahari satu kali. Selama perjalanannya, Bumi miring sekitar 23,5 derajat pada porosnya, yang menyebabkan perubahan iklim dan musim yang kita alami.

1. Musim Semi

Musim semi terjadi ketika Bumi berada pada titik pada orbitnya yang jauh dari Matahari, di mana sinar matahari menyebar secara merata di seluruh permukaan Bumi. Saat Bumi bergerak menuju titik ini, sinar matahari mulai meningkat di belahan bumi utara, yang menyebabkan peningkatan suhu dan mencairnya es yang menutupi danau dan sungai. 

Tumbuh-tumbuhan mulai tumbuh dan bunga-bunga mekar. Musim semi dimulai pada sekitar tanggal 20 atau 21 Maret di belahan bumi utara dan 22 atau 23 September di belahan bumi selatan.

2. Musim Panas

Musim panas terjadi ketika Bumi berada di titik terdekatnya dengan Matahari, yang berarti sinar matahari jatuh secara lebih terpusat di belahan bumi utara, yang menyebabkan suhu udara menjadi lebih hangat. Selama musim panas, hari menjadi lebih panjang dan malam menjadi lebih pendek. 

Tumbuh-tumbuhan berkembang dengan pesat dan hewan-hewan berkembang biak. Musim panas dimulai pada sekitar tanggal 21 atau 22 Juni di belahan bumi utara dan 21 atau 22 Desember di belahan bumi selatan.

3. Musim Gugur

Musim gugur terjadi ketika Bumi berada pada titik pada orbitnya yang jauh dari Matahari, dan sinar matahari mulai menyebar secara merata di seluruh permukaan Bumi. Ketika Bumi bergerak menjauhi titik terdekatnya dengan Matahari, suhu udara mulai menurun di belahan bumi utara. 

Daun-daun tumbuhan berubah warna dan jatuh dari pohon, dan hewan-hewan bersiap untuk musim dingin yang akan datang. Musim gugur dimulai pada sekitar tanggal 22 atau 23 September di belahan bumi utara dan 20 atau 21 Maret di belahan bumi selatan.

4. Musim Dingin

Musim dingin terjadi ketika Bumi berada pada titik terjauhnya dari Matahari, yang berarti sinar matahari tersebar secara merata di seluruh permukaan Bumi. Ketika Bumi berada di titik ini, sinar matahari lebih banyak diarahkan ke belahan bumi selatan.

Selama musim dingin, suhu udara menjadi lebih dingin dan malam menjadi lebih panjang daripada siang. Tanaman hibernasi dan banyak hewan mengurangi aktivitasnya untuk menghemat energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *