Tips dan Trik

5 Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Memilih Oli Yang Tepat Buat Mobil Kesayangan

27
×

5 Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Memilih Oli Yang Tepat Buat Mobil Kesayangan

Share this article

Aptoodet.com – Memilih oli yang tepat untuk mesin mobil Anda adalah salah satu aspek yang paling penting dalam menjaga kesehatan mesin mobil. Memilih oli yang salah dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin dan bahkan mengurangi umur mesin mobil Anda. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih oli yang tepat untuk mesin mobil Anda.

1. Memahami jenis oli yang tersedia

Sebelum memilih oli untuk mesin mobil Anda, penting untuk memahami jenis oli yang tersedia. Ada tiga jenis oli utama yang digunakan untuk mesin mobil, yaitu oli mineral, semi-sintetis, dan sintetis. Oli mineral biasanya merupakan jenis oli yang paling murah, namun kurang tahan lama dan tidak cocok untuk digunakan pada mesin yang lebih modern. 

Oli semi-sintetis merupakan campuran dari oli mineral dan sintetis, dan biasanya lebih tahan lama dan cocok untuk mesin yang lebih modern. Sedangkan, oli sintetis merupakan jenis oli yang paling tahan lama dan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan jenis oli lainnya.

2. Memahami viskositas oli

Viskositas adalah ukuran ketebalan oli, dan merupakan faktor penting dalam memilih oli yang tepat untuk mesin mobil Anda. Viskositas oli biasanya ditunjukkan dengan angka-angka seperti 5W-30 atau 10W-40. 

Angka pertama menunjukkan viskositas oli pada suhu dingin, sedangkan angka kedua menunjukkan viskositas oli pada suhu panas. Jika Anda tinggal di daerah dengan iklim yang lebih dingin, Anda mungkin ingin memilih oli dengan viskositas yang lebih rendah, seperti 5W-30. 

Namun, jika Anda tinggal di daerah dengan iklim yang lebih panas, Anda mungkin ingin memilih oli dengan viskositas yang lebih tinggi, seperti 10W-40.

4. Perhatikan spesifikasi mesin mobil Anda

Setiap mesin mobil memiliki spesifikasi tertentu untuk oli yang harus digunakan. Spesifikasi ini biasanya dapat ditemukan pada buku panduan mobil Anda atau pada stiker yang terpasang di mesin mobil Anda. 

Pastikan Anda memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda, karena oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi dapat merusak mesin mobil Anda.

5. Mencari merek yang terpercaya

Merek oli yang terpercaya biasanya menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dan telah melalui uji coba kinerja yang ketat. Pastikan Anda memilih merek oli yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di pasar.

Perhatikan tanggal kadaluwarsa oli, Seperti produk lainnya, oli juga memiliki tanggal kadaluwarsa. Pastikan Anda memeriksa tanggal kadaluwarsa oli sebelum membelinya. Menggunakan oli yang sudah kadaluwarsa dapat mengurangi kinerja oli dan bahkan dapat merusak mesin mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *