TeknoTips dan Trik

7 Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Komputer/Laptop Terinfeksi Virus

16
×

7 Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Komputer/Laptop Terinfeksi Virus

Share this article

Aptoodet.com – Komputer/Laptop adalah alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kegiatan kerja, belajar, dan hiburan. Namun, laptop dapat terinfeksi virus jika tidak dilindungi dengan baik. 

Virus dapat menyebabkan kerusakan pada sistem, mengambil alih data pribadi, dan membuat kinerja laptop menjadi lambat. Jika laptop Anda terinfeksi virus, segera lakukan langkah-langkah berikut untuk membersihkan dan menghapus virus dari laptop:

1. Lakukan Pemindaian Virus dengan Antivirus

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memindai laptop dengan antivirus yang terpercaya. Pilih antivirus yang sesuai dengan sistem operasi laptop Anda dan pastikan antivirus selalu diperbarui ke versi terbaru. Setelah antivirus ditemukan, pilih opsi untuk menghapus atau karantina virus tersebut.

2. Jangan Membuka File yang Mencurigakan

Jangan membuka atau mengeklik file atau tautan yang mencurigakan, terutama jika file tersebut berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Selalu waspada terhadap email spam dan jangan membalas atau mengklik tautan di dalamnya.

3. Hapus Program yang Mencurigakan

Hapus program atau file yang dicurigai sebagai sumber virus atau malware. Pastikan Anda benar-benar tahu program atau file tersebut sebelum menghapusnya.

4. Perbarui Sistem Operasi dan Program-Program

Perbarui sistem operasi dan program-program yang digunakan di laptop Anda. Pembaruan sistem operasi dan program-program biasanya dilakukan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan.

5. Matikan System Restore

Matikan System Restore untuk mencegah virus atau malware yang tersembunyi dari menginfeksi sistem Anda kembali.

6. Reboot Laptop ke Safe Mode

Reboot laptop ke safe mode untuk membersihkan virus dan malware. Safe mode memungkinkan laptop untuk memuat perangkat lunak dasar dan menghindari virus atau malware yang tersembunyi.

7. Gunakan Tool Cleaner

Jika antivirus tidak mampu menghapus virus atau malware, gunakan tool cleaner untuk membersihkan laptop. Tool cleaner dapat menghapus virus dan malware yang sulit dihapus oleh antivirus.

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, pastikan Anda memperbarui dan meng-upgrade antivirus ke versi terbaru. Selalu lakukan backup data secara teratur dan pastikan data Anda disimpan di tempat yang aman. 

Untuk mencegah terinfeksi virus, selalu pasang dan perbarui antivirus, jangan membuka file atau tautan yang mencurigakan, dan pastikan firewall sistem operasi laptop Anda selalu aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *