KesehatanWawasan

Inilah Asal Muasal Kopi : Dari Tanaman Hias Hingga Menyebar Ke Seluruh Dunia

42
×

Inilah Asal Muasal Kopi : Dari Tanaman Hias Hingga Menyebar Ke Seluruh Dunia

Share this article

Aptoodet.com – Kopi adalah salah satu minuman paling populer dan digemari di seluruh dunia. Minuman ini sangat disukai karena memiliki rasa yang kuat dan menyegarkan, serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, dimana asal muasal kopi pertama kali ditemukan dan bagaimana perjalanannya sampai menjadi minuman yang digemari oleh banyak orang?

Asal muasal kopi berasal dari Ethiopia, sebuah negara di Afrika Timur. Biji kopi pertama kali ditemukan di sana sekitar abad ke-9 oleh suku Kaffa. Saat itu, biji kopi hanya digunakan sebagai tanaman hias dan tidak dimanfaatkan sebagai minuman. 

Namun, setelah beberapa waktu, suku Kaffa mulai menyadari bahwa biji kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan rasa yang enak. Maka, mereka mulai menanam kopi sebagai tanaman pertanian dan menjadikannya sebagai minuman sehari-hari.

Setelah itu, kopi mulai berkembang dan tersebar ke negara-negara lain di sekitar Ethiopia, seperti Arab Saudi, Mesir, dan Yaman. Di sana, kopi mulai digemari oleh masyarakat dan menjadi minuman yang sangat populer. Dalam perjalanannya, kopi juga sampai ke Eropa, dan pada akhirnya menjadi minuman yang sangat digemari di seluruh dunia.

Sekarang, kopi ditanam dan diproduksi di berbagai negara, seperti Brazil, Kolombia, Vietnam, dan Indonesia. Biji kopi yang diproduksi di negara-negara ini menjadi bahan baku minuman kopi yang dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia.

Kopi yang berasal dari Ethiopia ini membuktikan bahwa minuman ini bukan hanya menyegarkan dan memiliki rasa yang enak, tapi juga memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Kopi adalah minuman yang tidak hanya digemari oleh masyarakat, tapi juga memiliki peran penting dalam ekonomi negara-negara produsen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *