FinanceWawasan

Inilah Awal Mula Uang Logam Digunakan Sebagai Alat Tukar

17
×

Inilah Awal Mula Uang Logam Digunakan Sebagai Alat Tukar

Share this article

Aptoodet.com – Sejarah uang logam bermula pada zaman kuno, saat masyarakat pertama kali membutuhkan alat untuk bertukar barang dan jasa. Pada awalnya, masyarakat menggunakan barang-barang berharga seperti perak dan emas sebagai alat tukar.

Penggunaan uang logam pertama kali tercatat pada abad ke-7 SM di Lydia, sebuah negara kuno yang terletak di Asia Barat. Pemerintah Lydia memperkenalkan uang logam berbahan perak dengan tepat berat dan kualitas tertentu, yang membuat uang logam ini diterima sebagai alat pembayaran yang sah.

Penggunaan uang logam berlanjut dan berkembang seiring dengan perkembangan ekonomi dan politik di seluruh dunia. Pada abad pertengahan, uang logam memainkan peran penting dalam perdagangan antar negara dan membantu menjaga stabilitas ekonomi.

Pada abad ke-18 dan 19, uang logam mulai digantikan oleh uang kertas yang diterbitkan oleh bank-bank sentral. Walaupun uang kertas lebih praktis dan mudah diterima, uang logam masih digunakan sebagai alat pembayaran dan investasi.

Secara keseluruhan, sejarah uang logam menunjukkan bahwa uang logam memainkan peran besar dalam sejarah ekonomi dan keuangan dunia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *