Wawasan

Inilah Sejarah Penetapan Tahun Hijriah dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

18
×

Inilah Sejarah Penetapan Tahun Hijriah dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Share this article

Aptoodet.com – Tahun Hijriah pertama kali diterima sebagai tahun resmi setelah hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Dalam tradisi Islam, hijrah ini merupakan tahun yang sangat penting dan menandai awal tahun baru bagi umat Islam.

Penetapan Tahun Hijriah

Tahun Hijriah diterima sebagai tahun resmi oleh kalangan umat Islam pada masa Nabi Muhammad. Pada awalnya, tahun hijriah ditentukan berdasarkan pengamatan visual bulan dan siklus bulan. 

Dalam perkembangannya, para ulama dan ahli astronomi Islam memperluas dan memperbaiki metode penetapan tahun hijriah dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti posisi bintang dan gerak bulan.

Tahun hijriah sekarang ditentukan dengan menggunakan metode astronomi modern dan mengikuti siklus bulan yang terjadi pada Bumi. Tahun hijriah biasanya lebih pendek daripada tahun Masehi karena siklus bulan yang berbeda dan memiliki jumlah hari yang berbeda dalam setahun.

Dalam tradisi Islam, tahun hijriah digunakan sebagai acuan bagi perhitungan waktu dalam kegiatan sehari-hari dan keagamaan, seperti pelaksanaan ibadah, puasa, dan perayaan hari raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *