BeritaWawasan

Kapan Malam 1 Suro 2023 ? Berikut Sejarah dan Tradisinya

53
×

Kapan Malam 1 Suro 2023 ? Berikut Sejarah dan Tradisinya

Share this article

Aptoodet.com – Indonesia, negara yang kaya akan budaya dan tradisi, menyimpan banyak perayaan yang unik dan menarik. Salah satu perayaan yang sangat istimewa adalah Malam 1 Suro.

Merujuk pada kalender Jawa, Malam 1 Suro adalah perayaan yang jatuh pada tanggal 1 Suro atau 1 Muharram, menandai awal tahun baru dalam penanggalan Jawa. 

Namun, perayaan ini bukanlah sekadar merayakan pergantian tahun, melainkan momen sakral yang memiliki sejumlah penghayatan dan pemaknaan yang mendalam secara spiritual terkhusus bagi orang Jawa.

Sultan Agung Hanyokrokusumo, Raja Mataram (1613-1645), menerbitkan kalender Jawa pertama, yang mengacu pada penanggalan Hijriah (Islam). lalu, Kapan malam 1 Suro 2023? Menurut penanggalan, malam 1 Suro 2023 jatuh pada 18 Juli, karena 1 Suro 2023 jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023.

Di beberapa daerah Jawa, ada tradisi iring-iringan atau kirab pada malam 1 Suro. Misalnya, di Solo, ada tradisi kebo bule, yang dianggap keramat dan menarik orang untuk hadir di perayaan malam 1 Suro. 

Di Yogyakarta, juga ada tradisi kirab. Kirab tersebut akan dihiasi dengan gunungan tumpeng, benda pusaka, dan rombongan abdi dalem keraton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *