KesehatanPsikologi

Kesehatan Mental Menurut WHO : Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

18
×

Kesehatan Mental Menurut WHO : Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Share this article

Aptoodet.com– Kesehatan mental adalah kondisi dimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan emosional, psikologis, dan sosialnya yang memungkinkan mereka untuk berfungsi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari dan berkontribusi pada masyarakat. Kesehatan mental sangat penting bagi kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

WHO mendefinisikan bahwa kesehatan mental tidak hanya terkait dengan ketiadaan penyakit atau gangguan, tetapi juga termasuk kebahagiaan, kesejahteraan, dan kemampuan seseorang untuk menjalani hidup yang produktif dan memuaskan.

Kesehatan mental yang baik adalah penting bagi semua orang, dari semua usia dan latar belakang. Hal ini karena masalah kesehatan mental dapat memengaruhi seseorang dalam berbagai aspek kehidupan seperti kinerja kerja, hubungan interpersonal, dan bahkan kesehatan fisik.

Beberapa gangguan kesehatan mental yang umum dijumpai meliputi depresi, kecemasan, dan gangguan bipolar. Depresi adalah kondisi yang ditandai oleh perasaan sedih, kurangnya energi, dan kehilangan minat pada aktivitas yang biasa dinikmati.

Kecemasan adalah kondisi yang ditandai oleh perasaan cemas atau khawatir yang berlebihan. Gangguan bipolar adalah kondisi yang ditandai oleh perubahan mood yang ekstrem dari tingkat kegembiraan yang tinggi hingga kekecewaan yang mendalam.

Upaya untuk meningkatkan kesehatan mental melibatkan banyak aspek, termasuk promosi kesehatan mental, pencegahan gangguan kesehatan mental, dan pengobatan dan pemulihan untuk orang yang telah mengalami gangguan kesehatan mental. Upaya-upaya ini dapat mencakup dukungan sosial, pengobatan psikologis dan farmakologis, serta rehabilitasi dan reintegrasi ke masyarakat.

Secara keseluruhan, kesehatan mental sangat penting bagi kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan. secara lengkap berikut : kesehatan mental menurut WHO PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *