KesehatanPsikologiWawasan

6 Manfaat Buah Jeruk Purut Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

23
×

6 Manfaat Buah Jeruk Purut Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Share this article

Aptoodet.com – Jeruk purut adalah jenis buah sitrus yang sering digunakan dalam masakan dan minuman Indonesia. Jeruk purut dikenal dengan aroma yang kuat dan khas, sehingga membuatnya menjadi bahan dasar yang ideal dalam berbagai resep masakan Indonesia. 

Buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Jeruk purut berasal dari Asia Tenggara, yang dapat ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau dengan bintik-bintik yang khas, dan daging buahnya berwarna hijau kekuningan dengan rasa yang asam dan segar.

Manfaat kesehatan dari jeruk purut didapat dari kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jeruk purut:

1. Sumber vitamin C

Jeruk purut kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan penyakit. Vitamin C juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan penyakit.

2. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C dalam jeruk purut juga membantu menjaga kesehatan kulit. Antioksidan dalam vitamin C membantu melawan kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi, sementara vitamin C juga membantu memproduksi kolagen yang penting untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jeruk purut juga kaya akan flavonoid, yaitu senyawa alami yang dapat membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan. Flavonoid membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung dalam jeruk purut dapat membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, senyawa-senyawa aktif dalam jeruk purut juga dapat membantu mencegah kanker usus besar.

5. Menurunkan risiko diabetes

Jeruk purut juga kaya akan senyawa aktif yang disebut limonen, yang telah diteliti dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

6. Menjaga kesehatan mental

Aroma jeruk purut yang kuat telah terbukti memiliki efek menenangkan pada sistem saraf dan dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Dalam penggunaannya dalam masakan, jeruk purut biasanya digunakan sebagai bahan tambahan untuk memberikan rasa yang segar dan aroma yang khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *