Wawasan

Mengapa Ada Negara Non-Blok ? dan Apa Tujuannya

16
×

Mengapa Ada Negara Non-Blok ? dan Apa Tujuannya

Share this article

Aptoodet.com – Negara Non-Blok adalah sekumpulan negara yang bekerjasama dengan tujuan untuk mempromosikan kepentingan nasional mereka dan memastikan independensi dan integritas nasional mereka melalui dialog dan kerjasama internasional.

Non-Blok berasal dari kata “non-aligned” yang berarti tidak bersebrangan. Negara-negara Non-Blok menentang pembagian dunia menjadi dua blok yaitu blok Barat dan blok Timur selama Perang Dingin.

Non-Blok memiliki prinsip dasar yang menekankan pada kedaulatan negara dan kesetaraan antar negara, serta menolak untuk bergabung dengan blok politik atau militer manapun. Negara-negara Non-Blok berusaha untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan keadilan internasional melalui kerjasama dan dialog.

Konsep Negara Non-Blok pertama kali diperkenalkan pada Konferensi Afrika dan Asia di Bandung, Indonesia pada tahun 1955. Saat ini, terdapat lebih dari 120 negara yang menganggap diri mereka sebagai anggota Negara Non-Blok.

Negara-negara Non-Blok berpartisipasi dalam berbagai forum internasional dan berusaha untuk mempromosikan perspektif mereka dan mempengaruhi kebijakan global. Mereka juga berkoordinasi dan bekerjasama untuk memecahkan masalah regional dan global melalui dialog dan kerjasama.

Dengan demikian, Negara Non-Blok memainkan peran penting dalam mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan keadilan internasional. Mereka juga berperan dalam menjaga keseimbangan dan kestabilan dalam dunia internasional melalui kerjasama dan dialog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *