Wawasan

Mengapa Bank Perlu Menerbitkan Uang Baru dan Menarik Uang Lama Yang Telah Beredar ?

14
×

Mengapa Bank Perlu Menerbitkan Uang Baru dan Menarik Uang Lama Yang Telah Beredar ?

Share this article

Aptoodet.com – Uang baru adalah uang yang diterbitkan oleh bank sentral untuk menggantikan uang yang sudah beredar atau untuk memenuhi kebutuhan uang baru dalam sistem ekonomi. Setiap negara memiliki desain dan bentuk uang baru yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan ekonomi yang diterapkan.

Pada umumnya, uang baru memiliki teknologi keamanan yang lebih canggih daripada uang yang sudah beredar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko pemalsuan uang dan menjaga stabilitas nilai tukar mata uang negara tersebut.

Di Indonesia, Bank Indonesia (BI) merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam mengeluarkan uang baru dan mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat. BI secara berkala menerbitkan uang baru dengan desain dan teknologi keamanan yang lebih baik untuk menggantikan uang yang sudah rusak atau sudah tidak layak beredar.

Beberapa jenis uang baru yang biasa diterbitkan oleh BI antara lain uang kertas, uang logam, dan uang elektronik. Uang kertas baru biasanya diterbitkan dalam denominasi yang berbeda-beda, mulai dari 1.000 hingga 100.000 rupiah. 

Selain itu, BI juga seringkali mengeluarkan uang logam baru dengan denominasi yang sama dengan uang kertas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *