Wawasan

Mengapa Langit Berwarna Biru ? Berikut Adalah Penjelesannya

14
×

Mengapa Langit Berwarna Biru ? Berikut Adalah Penjelesannya

Share this article

Aptoodet.com –  Langit berwarna biru karena efek penyebaran cahaya oleh atmosfer bumi. Cahaya matahari yang masuk ke atmosfer bumi mengandung spektrum warna yang terdiri dari warna merah, kuning, hijau, biru, dan ungu. 

Saat cahaya matahari memasuki atmosfer bumi, sebagian besar cahaya berwarna merah dan kuning akan diserap oleh molekul udara dan partikel-partikel kecil di atmosfer, sedangkan cahaya dengan panjang gelombang yang lebih pendek seperti biru, hijau, dan ungu lebih mudah tersebar.

Ketika cahaya biru tersebar, cahaya tersebut bertabrakan dengan molekul udara di atmosfer dan kemudian tersebar ke segala arah. 

Proses penyebaran cahaya ini disebut sebagai “penyebaran Rayleigh”. Penyebaran ini menyebabkan cahaya biru tersebar ke segala arah, termasuk ke arah pengamat di bawahnya. Inilah yang menyebabkan langit terlihat berwarna biru saat siang hari.

Namun, saat matahari terbit atau terbenam, langit terlihat berwarna oranye, kuning, atau merah. Hal ini terjadi karena pada saat itu, cahaya matahari harus bergerak melalui jarak yang lebih panjang dalam atmosfer dan warna-warna seperti warna biru, hijau dan ungu diserap oleh partikel-partikel di atmosfer lebih banyak. 

Akibatnya, warna-warna yang tersisa seperti merah, kuning, dan oranye lebih banyak terlihat di langit pada saat matahari terbit atau terbenam.

Kesimpulannya, langit berwarna biru karena efek penyebaran cahaya oleh atmosfer bumi. Efek ini terjadi karena molekul-molekul udara yang ada di atmosfer lebih mudah menyerap dan menyebar cahaya dengan panjang gelombang yang lebih besar seperti warna merah dan kuning, sementara cahaya biru lebih mudah tersebar dan mencapai pengamat di bawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *