Tips dan Trik

Menyusun Cover Letter yang Efektif: Contoh dan Tips Memukau HRD Perusahaan Yang Diinginkan

16
×

Menyusun Cover Letter yang Efektif: Contoh dan Tips Memukau HRD Perusahaan Yang Diinginkan

Share this article


Aptoodet.com –  Cover letter adalah surat yang ditulis oleh pelamar pekerjaan untuk mengenalkan diri mereka kepada calon pemberi kerja dan untuk menjelaskan mengapa mereka adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan yang ditawarkan. Cover letter juga dapat dikenal sebagai surat pengantar atau surat motivasi.

Tujuan utama dari cover letter adalah untuk membedakan diri dari pelamar lain dan memperlihatkan minat yang kuat terhadap pekerjaan tersebut. Cover letter dapat menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan tersebut dan pekerjaan yang ditawarkan, dan Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang relevan untuk posisi tersebut.

Cover letter biasanya terdiri dari beberapa paragraf, dengan format standar yang mencakup:

1. Pengenalan diri: Mulai dengan memberikan informasi tentang diri Anda, termasuk nama lengkap, posisi yang Anda lamar, dan bagaimana Anda menemukan posisi tersebut.

2. Pengenalan perusahaan: Berikan informasi singkat tentang perusahaan, termasuk industri yang mereka masuki, ukuran perusahaan, dan sejarah singkat perusahaan.

3. Alasan Anda tertarik: Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan dan pekerjaan tersebut, dan mengapa Anda percaya bahwa pekerjaan tersebut cocok dengan tujuan karir Anda.

4. Keterampilan dan pengalaman: Berikan informasi tentang keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi tersebut. Pastikan untuk menunjukkan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda akan bermanfaat bagi perusahaan.

5. Penutup: Akhiri cover letter dengan menyatakan minat Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara dan memberikan informasi kontak untuk dapat dihubungi. 

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Saya menulis untuk melamar posisi Konten Moderator di perusahaan Bpk/Ibu yang baru-baru ini dicantumkan. Dengan pengalaman lima tahun dalam pembuatan konten digital, saya yakin saya dapat memberikan dampak langsung di organisasi Bpk/Ibu. Latar belakang saya meliputi: 

Menulis ratusan posting blog dan artikel dengan taktik ramah SEO untuk menghasilkan lalu lintas organik, Membangun dan memelihara hubungan dengan influencer dan blogger untuk mempromosikan konten di berbagai platform Mengembangkan dan mengelola kampanye media sosial dan menghasilkan peningkatan pengikut sebesar 30% . Membuat salinan menarik yang beresonansi dengan pemirsa sambil tetap setia pada identitas merek Memfasilitasi komunikasi antara beberapa departemen, menghasilkan pengiriman konten yang sukses

Saya memiliki hasrat yang tulus untuk menjadi konten moderator di perusahaan Bpk/Ibu, dan saya yakin keterampilan dan pengalaman saya akan menjadi aset bagi Perusahaan Bpk/Ibu. Resume saya terlampir dan saya berharap dapat mendiskusikan kesempatan ini lebih lanjut.

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris 

I am writing to apply for the Moderator Content position you recently posted. With my five years of experience in writing blog, SEO, communication and social media, I am confident I am the right candidate for this job.

My current position as a content moderator involves writing blog posts to promote company services, optimizing content with SEO best practices and building relationships with customers through social media platforms. I have also developed a system to consistently review and update content for accuracy and relevance.

In addition to my technical skills, I have exceptional communication skills that enable me to effectively collaborate with other departments in order to meet project goals. My friendly personality allows me to build strong relationships on social media platforms which leads to increased customer satisfaction.

I would love to discuss my qualifications in detail and how they can benefit your organization. Please find attached my resume for your review. Thank you for your time and consideration! 

***

Cover letter memang merupakan bagian yang sangat penting dalam melamar pekerjaan. Tanpa cover letter yang tepat, Anda mungkin tidak akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan keahlian dan pengalaman Anda dalam bidang yang Anda geluti. Anda bisa menyesuaikan contoh di atas dengan konteks pekerjaan yang ingin anda lamar dan keahlian yang anda miliki. Penutup, semoga berhasil selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *