Wawasan

Inilah Penjelasan dan Fungsi Mengapa Bumi Berputar Pada Sumbunya

20
×

Inilah Penjelasan dan Fungsi Mengapa Bumi Berputar Pada Sumbunya

Share this article

Aptoodet.com – Bumi berputar pada sumbunya karena adanya gaya gravitasi dan momentum sudut. Pada saat pembentukan Tata Surya, Bumi terbentuk dari awan gas dan debu yang terus mengalami gravitasi dan tarikan dari objek lain di sekitarnya. 

Ketika Bumi terbentuk, awan gas dan debu yang menumpuk itu mulai berputar akibat momen linear atau momentum gerak lurus. Saat gravitasi mulai memadatkan awan gas dan debu tersebut menjadi Bumi, momentum gerak lurus tersebut berubah menjadi momentum sudut atau gerakan rotasi. 

Kemudian, tarikan gravitasi bulan dan matahari, serta tarikan planet-planet lainnya di Tata Surya, mempertahankan Bumi dalam gerakan rotasi sepanjang waktu.

Gerakan rotasi Bumi tersebut berfungsi untuk menciptakan siang dan malam, serta mempengaruhi pola cuaca, iklim, dan kehidupan di Bumi secara keseluruhan. 

Bumi berputar sekitar sumbunya dengan kecepatan sekitar 1.670 km/jam di khatulistiwa, dan kecepatan tersebut berkurang seiring dengan jarak ke kutub.

Karena Bumi berputar pada sumbunya, ini juga menyebabkan efek Coriolis, yang mempengaruhi arah pergerakan udara, air, dan objek lainnya di permukaan Bumi. Ini dapat terlihat dalam pola angin, arus laut, dan pembentukan badai di belahan Bumi utara dan selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *