KesehatanPsikologiTips dan Trik

Inilah Penjelasan Tentang Gangguan Bipolar dan Cara Mengatasinya

16
×

Inilah Penjelasan Tentang Gangguan Bipolar dan Cara Mengatasinya

Share this article

Aptoodet.com – Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang mempengaruhi suasana hati seseorang. Orang yang mengalami gangguan bipolar biasanya mengalami perubahan suasana hati yang drastis, antara depresi yang sangat dalam dan periode mania atau euforia yang tinggi.

Kondisi ini dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang, termasuk dalam hubungan sosial dan pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa gejala dari gangguan bipolar:

1. Periode Mania

Periode mania ditandai dengan gejala seperti suasana hati yang tinggi, energi yang berlebihan, kegembiraan yang berlebihan, dan perasaan tidak dapat diberhentikan. 

Orang yang mengalami periode mania mungkin mengalami kesulitan untuk tidur, berbicara dengan cepat, merasa sangat terangsang atau terlalu fokus pada tujuan mereka.

2. Periode Depresi

Periode depresi ditandai dengan gejala seperti suasana hati yang sangat rendah, perasaan sedih atau putus asa, hilangnya minat pada kegiatan yang biasanya menyenangkan, kehilangan energi dan berkurangnya konsentrasi. 

Orang yang mengalami periode depresi mungkin merasa kesulitan untuk bangun tidur, merasa kelelahan dan kehilangan nafsu makan.

Cara Mengatasi Gangguan Bipolar

1. Konsultasi ke Dokter atau Profesional Kesehatan Mental

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang terkait dengan gangguan bipolar, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan mental. 

Mereka dapat memberikan diagnosa yang tepat dan membantu Anda mengembangkan rencana perawatan yang sesuai, seperti terapi dan pengobatan.

2. Terapi Psikologis

Terapi psikologis seperti terapi perilaku kognitif dan terapi interpersonal dapat membantu mengatasi gangguan bipolar. Terapi ini dapat membantu seseorang untuk memahami kondisinya, mengidentifikasi perubahan suasana hati yang mungkin terjadi, dan mengembangkan strategi untuk mengelola gejala-gejala yang terkait dengan gangguan bipolar.

3. Pengobatan

Pengobatan seperti obat-obatan stabilizer suasana hati dan antidepresan dapat membantu mengurangi gejala yang terkait dengan gangguan bipolar. 

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan mental sebelum mengambil obat-obatan untuk memastikan bahwa pengobatan yang diberikan sesuai dengan kondisi Anda.

4. Mengelola Stres

Stres dapat memicu gejala yang terkait dengan gangguan bipolar. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan cara yang sehat, seperti berolahraga, meditasi, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan.

5. Mendapatkan Dukungan dari Orang yang Dekat

Dukungan dari keluarga dan teman-teman dapat membantu mengatasi gangguan bipolar. Cobalah untuk berbicara dengan orang yang Anda percayai dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda merasa kesulitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *