FinanceWawasan

Saham GoTo: Membuka Peluang Investasi di Perusahaan Teknologi Terbesar di Indonesia

59
×

Saham GoTo: Membuka Peluang Investasi di Perusahaan Teknologi Terbesar di Indonesia

Share this article

Aptoodet.com – Saham GoTo merupakan salah satu saham teknologi terbaru di Indonesia yang baru saja go public pada awal tahun 2021. GoTo adalah perusahaan hasil merger antara Gojek dan Tokopedia, dua perusahaan teknologi terbesar di Indonesia. Saham GoTo diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham “GOTO”.

Sejarah Perusahaan

GoTo didirikan pada tahun 2021 setelah merger antara Gojek dan Tokopedia. Gojek merupakan perusahaan layanan ride-hailing dan delivery terbesar di Indonesia, sementara Tokopedia adalah perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Melalui merger ini, GoTo menggabungkan kedua platform untuk menciptakan sebuah platform teknologi terintegrasi yang mencakup berbagai layanan, mulai dari ride-hailing hingga e-commerce.

Performa Saham GoTo

Saham GoTo dibuka untuk perdagangan pertama kali pada tanggal 10 Mei 2021. Pada hari pertama perdagangan, harga saham GoTo dibuka sebesar Rp 3.110 per saham. Selama beberapa hari berikutnya, harga saham GoTo naik hingga mencapai Rp 3.400 per saham.

Namun, pada akhir bulan Mei 2021, harga saham GoTo mengalami penurunan signifikan akibat dari koreksi pasar yang terjadi di seluruh dunia. Harga saham GoTo turun hingga mencapai Rp 2.400 per saham. Namun, setelah itu harga saham GoTo mulai bangkit dan kembali naik ke level Rp 3.000 per saham.

Potensi Saham GoTo

Saham GoTo memiliki potensi yang besar mengingat perusahaan ini merupakan hasil merger dari dua perusahaan teknologi terbesar di Indonesia. Selain itu, pasar ride-hailing dan e-commerce di Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang besar.

Dalam laporan keuangan yang dirilis oleh GoTo, perusahaan ini mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp 25,3 triliun pada tahun 2020. Jumlah ini meningkat sebesar 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perusahaan juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp 123,2 miliar pada tahun 2020.

Namun, seperti halnya investasi saham lainnya, investasi saham GoTo juga memiliki risiko yang perlu dipertimbangkan. Harga saham GoTo dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi pasar, kondisi ekonomi, dan kinerja perusahaan.

Kesimpulan

Saham GoTo merupakan salah satu saham teknologi terbaru di Indonesia yang memiliki potensi pertumbuhan yang besar. Melalui merger antara Gojek dan Tokopedia, GoTo menciptakan sebuah platform teknologi terintegrasi yang mencakup berbagai layanan, mulai dari ride-hailing hingga e-commerce. Namun, investasi saham GoTo juga memiliki risiko yang perlu dipertimbangkan dan investor harus melakukan analisis yang cermat sebelum melakukan investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *