TeknoWawasan

Sejarah Internet dan Perkembangannya Dari ARPANET hingga ke Web3 Blockchain

17
×

Sejarah Internet dan Perkembangannya Dari ARPANET hingga ke Web3 Blockchain

Share this article

Aptoodet.com – Internet adalah jaringan global komputer yang memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi antar komputer di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah internet dan perkembangannya dari awal hingga saat ini.

Sejarah awal internet dapat ditelusuri ke tahun 1960-an, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) memulai proyek ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang bertujuan untuk membangun jaringan komunikasi yang dapat bertahan dalam kondisi krisis. Proyek ini kemudian menghasilkan ARPANET, yang dikenal sebagai jaringan komputer pertama di dunia.

ARPANET diluncurkan pada tahun 1969 dan menghubungkan empat universitas di Amerika Serikat. Jaringan ini menggunakan teknologi packet-switching, yang memungkinkan data dipecah menjadi paket-paket kecil dan dikirim melalui rute yang berbeda. Hal ini memungkinkan jaringan untuk bertahan jika salah satu rutenya terganggu.

Pada tahun 1971, email pertama dikirimkan melalui jaringan ARPANET, dan pada tahun 1973, protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) diperkenalkan untuk mengatur komunikasi antar jaringan. Protokol ini menjadi dasar dari internet modern yang kita kenal saat ini.

Pada tahun 1983, ARPANET beralih ke protokol TCP/IP, dan jaringan ini mulai terbuka untuk umum. Pada tahun yang sama, Domain Name System (DNS) diperkenalkan untuk memberikan alamat domain yang mudah diingat untuk menggantikan alamat IP yang sulit diingat.

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, internet mulai menjadi lebih populer di seluruh dunia. Banyak perusahaan teknologi seperti IBM, Apple, dan Microsoft mulai merilis perangkat lunak dan perangkat keras yang memungkinkan akses ke internet.

Pada tahun 1991, World Wide Web (WWW) diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer di CERN. WWW memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dalam bentuk halaman web dengan menggunakan browser web.

Perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin mudah membuat internet semakin populer dan digunakan di seluruh dunia. Pada tahun 2000-an, internet mulai digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk bisnis, perdagangan, dan hiburan. Internet juga semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, meskipun berada di belahan dunia yang berbeda.

Saat ini, internet menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dan banyak orang tidak bisa membayangkan hidup tanpa internet. Selain itu, internet juga terus berkembang dengan teknologi baru seperti internet of things (IoT), dan Web3 blockchain yang akan membuka pintu untuk inovasi baru dan peluang bisnis di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *