Wawasan

Tahukah Kamu Ini Dia 5 Kota Tertua di Dunia

74
×

Tahukah Kamu Ini Dia 5 Kota Tertua di Dunia

Share this article

Aptoodet.com – Kota-kota yang berusia ribuan tahun memiliki pesona dan daya tarik yang tidak dapat disangkal. Menginjakkan kaki di tempat-tempat tersebut memberikan pengalaman unik yang memungkinkan kita menyelami jejak-jejak sejarah yang telah membentuk peradaban manusia. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa kota tertua di dunia, yang menawarkan pandangan yang tak ternilai tentang masa lalu yang terpatri di bangunan-bangunan dan jalan-jalannya.

1. Jericho, Palestina

Berlokasi di Tepi Barat sungai Yordan, Jericho dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia yang masih berpenghuni. Diperkirakan berusia sekitar 10.000 tahun, situs arkeologi di Jericho mengungkapkan bukti keberadaan manusia pada masa prasejarah. Pengunjung dapat melihat reruntuhan tembok kota kuno, menara pengawas, dan mata air terkenal yang dijaga selama ribuan tahun.

2. Damaskus, Suriah

Damaskus, ibu kota Suriah, adalah salah satu kota yang paling bersejarah di dunia. Diperkirakan telah berdiri sejak sekitar 7000 SM, kota ini menjadi pusat kebudayaan dan perdagangan selama berabad-abad. 

Damaskus memiliki berbagai situs bersejarah, termasuk Umayyad Mosque, yang merupakan salah satu masjid tertua di dunia, serta Jalan Straight, jalan yang disebutkan dalam Kitab Suci dan menghubungkan dua gerbang penting di kota ini.

3. Luoyang, Tiongkok

Luoyang, terletak di Provinsi Henan, Tiongkok, adalah salah satu kota tertua di Tiongkok dan dianggap sebagai salah satu pusat kebudayaan terbesar di dunia pada masa lalu. Didirikan sekitar 5000 SM, kota ini menjadi ibu kota beberapa dinasti penting dalam sejarah Tiongkok. 

Luoyang menawarkan berbagai situs bersejarah yang menakjubkan, seperti Gua Longmen yang terkenal dengan ribuan patung Buddha yang dipahat di tebingnya.

4. Varanasi, India

Varanasi, juga dikenal sebagai Benares atau Kashi, adalah salah satu kota tertua di India. Terletak di tepi sungai Gangga, Varanasi dihormati sebagai salah satu pusat keagamaan dan spiritual Hindu yang paling suci. 

Kota ini telah ada selama lebih dari 3000 tahun dan menyediakan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung, terutama di tepi sungai yang dikenal sebagai “ghats,” tempat orang beribadah, mencuci dosa, dan menggelar upacara pemakaman.

5. Faiyum, Mesir

Faiyum, oasis subur yang terletak di barat daya Kairo, Mesir, dianggap sebagai salah satu kota tertua di Afrika. Didirikan pada 4000 SM, Faiyum telah menjadi pusat kebudayaan dan pertanian yang penting selama ribuan tahun. 

Salah satu fitur menarik di Faiyum adalah Situs Arkeologi Hawara, yang dikenal dengan Piramida Merahnya yang megah. Selain itu, kota ini juga memiliki Museum Faiyum yang menampilkan artefak dan informasi sejarah tentang kawasan tersebut.

Penutup

Kota-kota tertua ini menyimpan sejuta cerita dan menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang peradaban manusia. Mengunjungi tempat-tempat ini adalah langkah kembali ke masa lalu yang memungkinkan kita memahami sejarah dan menghargai warisan budaya yang tak ternilai harganya. 

Mereka adalah pengingat hidup bahwa di balik kemajuan dan perubahan zaman, akar kita tetap ada dalam jejak sejarah yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *