Wawasan

Ternyata Ini Awal Mula Hari Valentine Dirayakan Setiap Tanggal 14 Februari

14
×

Ternyata Ini Awal Mula Hari Valentine Dirayakan Setiap Tanggal 14 Februari

Share this article

Aptoodet.com – Sejarah hari Valentine berkaitan dengan perayaan yang bertujuan untuk memperingati cinta dan romansa. Ada beberapa teori yang berbeda mengenai asal mula hari Valentine dan siapa Saint Valentine yang sebenarnya, tetapi beberapa versi yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Saint Valentine Martyr

Salah satu versi menyebutkan bahwa hari Valentine berasal dari perayaan Saint Valentine, seorang martir Katolik Roma yang dikenal karena perannya dalam membantu pasangan yang jatuh cinta saat masa pemerintahan Kaisar Claudius II. Menurut legenda, Saint Valentine dikurung dan akhirnya dieksekusi karena menolong pasangan yang jatuh cinta untuk menikah meskipun dilarang oleh pemerintah.

2. Perayaan pagan

Versi lain menyebutkan bahwa hari Valentine berasal dari perayaan pagan, festival Roman yang diselenggarakan pada 14 Februari untuk memperingati Lupercalia. Festival ini merupakan perayaan cinta dan kelahiran dan biasanya melibatkan pemilihan pasangan secara acak dan pertukaran cinderamata.

3. Kombinasi dari kedua versi

Ada juga versi yang menyatakan bahwa hari Valentine sebenarnya merupakan kombinasi dari perayaan Saint Valentine Martyr dan perayaan pagan Lupercalia. Saat Gereja Katolik Roma mempengaruhi Eropa, perayaan Lupercalia digantikan dengan perayaan Saint Valentine untuk memperingati cinta dan romansa.

Namun, asal mula sebenarnya hari Valentine masih merupakan hal yang tidak pasti dan masih menjadi perdebatan antar sejarawan. Secara umum, hari Valentine dikenal sebagai perayaan cinta dan romansa yang diperingati pada 14 Februari setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *