KesehatanPsikologiTips dan TrikWawasan

Apa itu FOMO dan Bagaimana cara mengatasinya ?

39
×

Apa itu FOMO dan Bagaimana cara mengatasinya ?

Share this article

Aptoodet.com – FOMO, singkatan dari “Fear of Missing Out” atau ketakutan ketinggalan sesuatu, adalah istilah yang merujuk pada perasaan cemas dan kekhawatiran seseorang akan kehilangan pengalaman sosial atau kesempatan yang dianggap penting dan berharga. FOMO sering dikaitkan dengan penggunaan media sosial, di mana seseorang merasa perlu untuk terus memeriksa dan terlibat dengan konten dan aktivitas sosial yang diposting oleh orang lain agar merasa terhubung dan tidak ketinggalan.

FOMO biasanya terjadi ketika seseorang melihat atau mendengar tentang kegiatan atau acara yang mereka anggap menarik atau penting, tetapi mereka tidak dapat menghadirinya karena alasan tertentu. Misalnya, seseorang mungkin merasa FOMO ketika melihat teman-teman mereka berlibur bersama di luar negeri, sementara mereka sendiri tidak bisa ikut karena keterbatasan waktu atau keuangan.

Perasaan FOMO dapat mengakibatkan stres, kecemasan, dan rasa tidak puas dengan diri sendiri. Orang yang sering merasa FOMO juga dapat mengalami gangguan tidur, kecanduan media sosial, dan penurunan kesehatan mental secara keseluruhan.

Namun, meskipun FOMO sering dianggap sebagai sesuatu yang negatif, beberapa ahli berpendapat bahwa perasaan ini dapat memotivasi seseorang untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan memperluas jaringan sosial mereka. Namun, penting bagi seseorang untuk mengenali kapan FOMO berubah menjadi tekanan yang berlebihan dan merusak kesehatan mental mereka.

Cara Mengatasi FOMO

Ada beberapa cara untuk mengatasi FOMO, seperti mengidentifikasi sumber FOMO, menetapkan prioritas dan tujuan pribadi, dan membatasi waktu yang dihabiskan untuk mengikuti media sosial. Berbicara dengan orang lain dan membangun hubungan yang kuat dengan orang lain juga dapat membantu mengurangi perasaan FOMO dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, FOMO adalah perasaan ketakutan ketinggalan yang sering terkait dengan penggunaan media sosial dan dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Namun, mengenali sumber FOMO dan mengambil tindakan untuk mengatasinya dapat membantu seseorang untuk merasa lebih puas dengan hidup mereka dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *