FinanceWawasan

Apa Itu Inflasi ? dan Bagaimana Cara Mengatasinya

15
×

Apa Itu Inflasi ? dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Share this article

Aptoodet.com – Inflasi adalah suatu kondisi di mana harga-harga barang dan jasa di pasar secara umum mengalami kenaikan secara terus-menerus dan berkelanjutan dalam jangka waktu tertentu. Dalam kondisi inflasi, nilai uang menjadi semakin kecil karena jumlah uang yang beredar lebih banyak dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa yang tersedia di pasar. 

Inflasi biasanya diukur dengan menggunakan indeks harga konsumen (Consumer Price Index/CPI) yang mengukur perubahan harga dari sekelompok barang dan jasa yang sering dibeli oleh konsumen.

Inflasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kenaikan biaya produksi, permintaan yang tinggi, atau peningkatan jumlah uang yang beredar. Namun, inflasi yang terlalu tinggi dan tidak terkendali dapat berdampak buruk bagi perekonomian, seperti meningkatkan biaya hidup, menurunkan daya beli masyarakat, menurunkan investasi, dan menyebabkan ketidakstabilan ekonomi secara umum.

Untuk mengatasi inflasi, pemerintah dapat mengambil berbagai tindakan seperti menaikkan suku bunga, mengurangi jumlah uang yang beredar melalui kebijakan fiskal dan moneter, atau melakukan pengendalian harga dan distribusi barang kebutuhan pokok. 

Namun, pengendalian inflasi juga harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah harus memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan inflasi dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi inflasi secara proporsional dan terukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *