TeknoTips dan Trik

Cara Mudah Memverifikasi Website di Google Search Console Menggunakan Kode DNS

15
×

Cara Mudah Memverifikasi Website di Google Search Console Menggunakan Kode DNS

Share this article

Aptoodet.com – Halo teman-teman! Kali ini, kita akan membahas tentang cara memverifikasi website di Google Search Console menggunakan DNS. Google search console adalah tools gratis dari Google yang memungkinkan pemilik website untuk memantau dan mengoptimalkan performa website mereka di mesin pencari Google.

Jadi, apakah kalian ingin website kalian terdaftar di Google Search Console? Tentunya, agar website kalian dapat terindeks oleh mesin pencari Google, kalian harus memverifikasi website kalian terlebih dahulu. Nah, salah satu cara untuk melakukan verifikasi website adalah dengan menggunakan DNS.

Pertama-tama, apa itu DNS? DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menghubungkan nama domain dengan alamat IP. Jadi, ketika seseorang memasukkan nama domain ke dalam browser, DNS akan mencari alamat IP yang terkait dengan nama domain tersebut.

1. Tambahkan Properti

Untuk memverifikasi website menggunakan DNS, pertama-tama kalian harus masuk ke akun Google Search Console kalian. silahkan klik google search console login pada browser kalian, dan klik mulai pada laman depan. 

Setelah masuk, silahkan ke bagian kiri atas dashboard dan klik tambahkan properti maka akan munsul jendela komunikasi seperti di bawah ini :

Setelah itu, pilih opsi masukkan domain website yang ingin kalian verifikasi dan telusuri datanya dengan menggunakan google search console. 

2. Salin Kode DNS 

Setelah selasai menginput nama domain maka akan selanjutnya akan muncul jendela pop up kode verifikasi DNS dari google search console dan silahkan salin kode tersebut untuk kemudian diletakkan di domain server kalian. 

3. Tempelkan Kode DNS ke DNS Management

Untuk menambahkan kode verifikasi DNS tersebut, kalian harus masuk ke DNS management dari tempat kalian membeli domain. Di sana, kalian akan menemukan pengaturan untuk menambahkan DNS record baru. Tambahkan kode verifikasi DNS yang diberikan oleh Google Search Console ke dalam DNS record tersebut.

Tambahkan DNS Record dan pastikan di bagian record type kalian ganti menjadi format TXT
Selanjutnya tempelkan kode DNS dari google search console di bagian text information

Setelah semuanya selesai, selanjutnya tinggal kembali ke laman google search console, dan klik Verifikasi
Selamat kalian sudah berhasil memverifikasi website kalian di google search console. 
Mungkin terdengar sedikit rumit, tapi sebenarnya tidak terlalu sulit, kok. Memverifikasi website menggunakan DNS adalah salah satu cara yang efektif untuk memastikan website kalian terdaftar di Google Search Console. Dengan begitu, kalian bisa memonitor kinerja website kalian dan mengoptimalkannya agar dapat muncul di hasil pencarian Google.

Nah, itu dia cara memverifikasi website di Google Search Console menggunakan DNS. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *